Skripsi
PENGARUH KECERDASAN MUSIKAL TERHADAP HASIL BELAJAR SENI BUDAYA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci : Kecerdasan Musikal, Hasil Belajar Seni Budaya
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kecerdasan musikal peserta didik, bagaimanakah tingkat hasil belajar seni budaya peserta didik , apakah ada pengaruh kecerdasan musikal terhadap hasil belajar seni budaya pada peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah Kota Tegal Tahun Ajaran 2016/2017?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecerdasan musikal dan tingkat hasil belajar seni budaya peserta didik serta pengaruh kecerdasan musikal terhadap hasil belajar seni budaya peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah Kota Tegal Tahun Ajaran 2016/2017.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah Kota Tegal Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 76 peserta didik, adapun sampel sejumlah 20 peserta didik. Teknik sampling yang peneliti digunakan adalah teknik purposive sampling dengan alasan mengambil dari 3 kelas sebagai sampel yang akan di teliti. Variabel penelitan adalah kecerdasan musikal (variabel bebas) dan hasil belajar seni budaya (variabel terikat). Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa observasi, interview, dokumentasi dan teknik tes. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabititas menggunakan sperman brown. Teknik analisis data menggunakan product moment.
Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa tingkat kecerdasan musikal tinggi dan hasil belajar seni budaya pada kategori tinggi r hitung sebesar 0,882 ternyata lebih besar dari r tabel dengan N = 20 taraf signifikansi 5% diperoleh r tabel = 0,444 sehingga dengan demikian r hitung >r tabel (0,882>0,444). Karena r hitung lebih besar dari r tabel berarti ada pengaruh yang signifikan Kecerdasan Musikal Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Peserta Didik Kelas XI SMA Muhammadiyah Kota Tegal Tahun Ajaran 2016/2017.
Saran yang diajukan agar para pendidik harus lebih interaktif dengan peserta didik agar peserta didik lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan mampu menerapkan metode yang bervariasi dalam kegiatan pembelajaran khususnya penggunaan musik instrumental klasik pada pembelajaran seni budaya untuk meningkatkan hasil belajar seni budaya peserta didik.
11135000360 | AZW p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain