Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KARIR TERHADAP ARAH PEMINATAN PESERTA DIDIK KELAS IXSMP NEGERI 1 PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata kunci : Layanan Bimbingan Karir, Arah Peminatan Peserta Didik
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Tingkat pemahaman arah peminatan sebelum diberikan layanan bimbingan karir pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017, 2) Tingkat pemahaman arah peminatan sesudah diberikan layanan bimbingan karir pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017, 3) Ada tidaknya pengaruh layanan bimbingan karir terhadap arah peminatan pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017.
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Petarukan yang berjumlah 360 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling berjumlah 20 peserta didik.
Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman arah peminatan sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan karir dengan menganalisa data. Validitas instrumen menggunakan rumus product moment. Reliabilitas menggunakan rumus kolerasi Spearman-Brown. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pelaksanaan layanan bimbingan karir terhadap arah peminatan peserta didik di SMP Negeri 1 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/ 2017 sebelum diberikan layanan dalam kategori rendah, berdasarkan data yang diperoleh analisis deskriptif persentase diperoleh skor 40 %. 2) Tingkat pemahaman terhadap arah peminatan dikategorikan cukup tinggi setelah diberikan layanan bimbingan karir, berdasarkan data yang diperoleh pada analis deskriptif persentase diperoleh skor 50 %. 3) Ada pengaruh yang cukup siginifikan layanan bimbingan karir terhadap arah peminatan kelas IX SMP Negeri 1 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017.
Berdasarkan hasil simpulan, peneliti memberikan beberapa saran yang dapat dijadikan pertimbangan sebagai berikut : pelaksanaan layanan bimbingan karir untuk kelas IX lebih ditingkatkan supaya pengetahuan peserta didik tentang arah peminatan dan pilihan sekolah lanjutan lebih luas sehingga dalam mengambil keputusan studi lanjut disesuaikan dengan potensi dan konsisi yang dimiliki.
11125000140 | DAR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain