Skripsi
PERAN LAYANAN KLASIKAL TERHADAP PENCEGAHAN PELANGGARAN TATA TERTIB SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 BALAPULANG KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2016/2017 (Studi PTBK pada Peserta Didik Kelas XI IPA 2)
Kata Kunci: layanan klasikal, pelanggaran tata tertib sekolah.
Penelitian ini dilatar brlakangi oleh tingkat pelanggaran tata tertib sekolah pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal taun ajaran 2016/2017, seperti: membolos disaat jam kosong, terlambat masuk sekolah, tidak disiplin memakai atribut sekolah, tidak masuk sekolah tanpa ijin.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) proses pemberian layanan klasikal pada peserta didik, 2) tindakan pelanggaran tata tertib sekolah pada peserta didik, 3) penurunan tindakan pelanggaran tata tertib sekolah pada peserta didik dan 4) peran studi PTBK dalam pencegahan pelanggaran tata tertib sekolah pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan dalam Bimbingan Konseling (PTBK), subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 30 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif komparatif. Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus, mencakup empat komponen: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator keberhasilan penelitian yaitu jika persentase tindakan pelanggaran tata tertib sekolah pada peserta didik tidak lebih dari 20% sesuai dengan kesepakan dengan guru BK.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sebelum dilaksanakan layanan klasikal yaitu pada prasiklus diperoleh persentase sebesar 37% dari 30 peserta didik. 2) Proses pemberian layanan klasikal masih sering menggunakan metode lama (ceramah secara monoton) Guru BK kurang memanfaatkan fasilitas yang ada di sekolah seperti laptop, pengeras suara dan LCD proyektor. 3) Standar tindakan pelanggaran tata tertib sekolah pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal tahun ajaran 2016/2017 yaitu: tidak lebih dari 20% sesuai kesepakatan peneliti dengan Guru BK, artinya layanan dikatakan berhasil dan selesai apabila peserta didik yang melakukan tindakan pelanggarann tata tertib sekolah tidak lebih dari 20%. Setelah diberi layanan/tindakan diperoleh data, pada siklus 1 dengan rata-rata 29% dan pada siklus 2 dengan rata-rata 15%, 4) Layanan klasikal memiliki peran dalam mencegah tindakan pelanggaran tata tertib sekolah pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal tahun ajaran 2016/2017. Dilihat dari penurunan persentasi tindakan pelanggaran tata tertib sekolah pada setiap siklusnya yaitu, pada prasiklus sebesar 37% manjadi 29% di siklus 1 dan menurun menjadi 15% pada siklus 2.
Saran penulis, diharapkan pihak sekolah menjadikan penelitian ini untuk reverensi pengetahuan tentang layanan klasikal dalam mencegah pelanggaran tata tertib sekolah pada peseta didik dan bisa dikembangkan pada permasalahan lainnya yang dihadapi pesertadidik. Bagi guru pembimbing sebaiknya dapat memanfaatkan layanan klasikal untuk mengantisipasi permasalahan peserta didik dengan pemberian secara rutin dan terjadwal.
11135000540 | AHM p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain