Skripsi
EFEKTIFITAS LAYANAN PENGUASAAN KONTEN MENGGUNAKAN MEDIA GRAFIS TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP N 1 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/207
Kata Kunci : Layanan Penguasaan Konten,Media Grafis ,Rasa Kepercayaan Diri.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Tingkat rasa percaya diri peserta didik sebelum diberikan layanan penguasaan konten menggunakan media grafis, 2) Tingkat rasa percaya diri peserta didik sesudah diberikan layanan penguasaan konten menggunakan media grafis, 3) Ada tidaknya Efektifitas yang signifikan layanan penguasaan konten menggunakan media grafis terhadap rasa percaya diri peserta didik kelas VII SMP N 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester II SMP N 1 Kota Tegal Tahun pelajaran 2016/2017 terdiri atas 8 kelas sebanyak 251 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII yang memiliki tingkat rasa percaya dirinya rendah yaitu ada 30 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, kuisoner/angket dan dokumentasi. Instrumen utama yang digunakan adalah Angket yang sebelumnya telah diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan deskriptif presentase dan analisis statistik uji-t.
Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) Tingkat rasa percaya diri peserta didik kelas VII sebelum diberikan treatmen layanan penguasaan konten menggunakan media grafis berada pada kategori rendah (36,67%), 2) Tingkat rasa percaya diri peserta didik setelah diberikan treatmen layanan penguasaan konten menggunakan media grafis berada dalam kategori tinggi (46,67%), jadi ada peningkatan sekitar 10%. 3) Dalam uji Hipotesis yaitu hasil analisis statistik perhitungan t-test terhadap skor pre test dan post test peserta didik dinyatakan hipotesis kerja diterima artinya ada efektifitas layanan penguasaan konten menggunakan media grafis terhadap kepercayaan diri peserta didik kelas VII SMP N 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.
Saran yang peneliti tulis yaitu: 1) Bagi peserta didik hendaknya mengikuti layanan bsimbingan dan konseling secara aktif dan sungguh-sungguh agar dapat mengembangkan kemampuan yang ada dalam dirinya secara optimal, 2) Bagi guru BK, hendaknya selalu mengefektifkan dan memaksimalkan kegiatan layanan bimbingan dan konseling dengan mengombinasikan dengan berbagai macam media pembelajaran. Salah satunya layanan penguasaan konten menggunakan media grafis untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta didik khususnya disekolah.
11135000070 | WUL e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain