Skripsi
PERAN KONSELING CLIENT CENTERED TERHADAP PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 BOJONG KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2016/2017 (STUDI PTBK PADA KELAS X IPS 1)
Kata Kunci: Konseling Client Centered, Rasa Percaya Diri
Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang ada di kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal yang menunjukan bahwa terdapat 10 peserta didik yang memiliki rasa percaya diri rendah. Melalui pemberian layanan konseling client centered diharapkan rasa percaya diri pada peserta didik dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dan keberhasilan dalam meningkatkan rasa percaya diri pada peserta didik melalui layanan konseling client centered.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan melaksanakan dua siklus tindakan.Sample penelitian menggunakan purpose sampling yaitu 10 peserta didik yang memiliki rasa percaya diri rendah.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Validitas instrument menggunakan rumus Product Moment dihitung dengan taraf signifikan 5% (r_tabel = 0,361). Perhitungan reliabilitas menggunakan rumus Alpha dan menunjukan angka 0,837, dengan demikian instrument dikatakan reliable. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik.
Hasil penelitian diperoleh, rasa percaya diri pada peserta didik sebelum mendapatkan layanan konseling client centered bahwa peserta didik yang mempunyai kepercayaan diri tinggi 81%, peserta didik yang mempunyai kepercayaan diri sedang 64%, sedang peserta didik yang mempunyai kepercayaan diri rendah 53%. Setelah mendapat layanan konseling client centered rasa percaya diri pesera didik meningkat, peserta didik yang mempunyai kepercayaan diri tinggi prosentase kepercayaan diri bertambah 83% masuk dalam kategori prosentase tinggi, peserta didik yang mempunyai kepercayaan diri sedang prosentase peningkatan kepercayaan diri bertambah 74% masuk dalam kategori prosentase kepercayaan diri tinggi, dan peserta didik yang mempunyai kepercayaan diri rendah prosentase peningkatan kepercayaan diri bertambah 69% masuk dalam kategori prosentase kepercayaan diri tinggi. Dari perhitungan uji wilcoxon diperoleh Thitung = 55> Ttabel = 8.
Disimpulkan bahwa rasa percaya diri pada peserta didik dapat ditingkatkan melalui layanan konseling client centered. Adapun saran peneliti untuk peserta didik dan guru bimbingan konseling diharapkan agar mampu meningkatkan rasa percaya diri melalui layanan konseling client centered.
11135000240 | WID p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain