Skripsi
EFEKTIVITAS LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MANAJEMEN WAKTU PESERTA DIDIK KELAS XI SMA AL-IRSYAD KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci: Manajemen Waktu, Layanan Penguasaan Konten
Manajemen waktu adalah kemempuan seseorang mengalokasikan waktu dan sumber daya secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan yang dikehendaki. Maka latar belakang penelitian ini didasari pada peserta didik yang memiliki kemampuan manajemen waktu yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas layanan penguasaan konten untuk meningkatkan kemampuan manajemen waktu peserta didik kelas XI SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian kategori eksperimen semu dengan desain penelitian design one group pre-test and post-test. Populasi penelitian ini peserta didik kelas XI SMA Al-Irsyad Kota Tegal yang berjumlah 186 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dimana sampel merupakan peserta didik kelas XI berjumlah 20 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Validitas instrument menggunakan rumus Spearman-Brown. Sedangkan metode analsis data menggunakan analsis deskriptif presentase dan uji-t.
Hasil penelitian ini menunjukan peserta didik sebelum diberi layanan penguasaan konten memiliki presentase manajemen waktu rendah (30%). Setelah memperoleh layanan penguasaan konten meningkat menjadi tinggi (35%). Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh hasil nilai thitung sebesar 9.5750, yang kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5 % sebesar 1.7247, sehingga thitung > ttabel.
Maka dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan manajemen waktu peserta didik kelas XI SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017. Adapun saran yang dapat disampaikan yaitu guru pembimbing sebaiknya dapat menerapkan layanan penguasaan konten untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi peserta didik mengenai kemampuan manajemen waktu berkaitan dengan kegiatan. Selain itu, bagi sekolah untuk menfasilitasi guru pembimbing agar memperdalam dan mengembangkan layanan bimbingan dan konseling khususnya layanan penguasaan konten.
11135000300 | MUQ e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain