Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERPENDEKATAN BEHAVIORISTIK PADA PESERTA DIDIK KELAS X TKR DI SMK MA’ARIF NU TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Kemampuan Bersosialisasi.
Kemampuan bersosialisasi peserta didik merupakan perolehan kemampuan berprilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial yang mampu bermasyarakat serta dapat bersosialisasi pada setiap lingkungan seseorang berada baik disekolah maupun diluar sekolah dan dapat menghasilkan sesuatu yang dapat bermanfaat bagi orang disekitarnya.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan bersosialisasi sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavioristik dan untuk mengetahui upaya meningkatkan kemampuan bersosialisasi melalui layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavioristik peserta didik kelas X TKR SMK Ma’Arif NU Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen, desain penelitian one group pre-test and post-test, jumlah populasi sampel sebanyak 26 peserta didik yang memiliki kemampuan bersosialisasi rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan rumus uji t-test.
Tingkat kemampuan bersosialisasi peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavioristik adalah dalam kategori rendah. Tingkat kemampuan bersosialisasi peserta didik setelah diberikan layanan bimbingan berpendekatan behavioristik meningkat dalam kategori tinggi.. Hasil analisis deskriptif berdasarkan perhitungan uji hipotesis, diperoleh hasil thitung sebesar 9,627. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan N-1 atau 26-1= 25 dimana ttabel= 2,060 ternyata thitung 9,627> ttabel = 2,060 yang berarti “Ada upaya meningkatan kemampuan bersosialisasi melalui layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavioristik peserta didik kelas kelas X TKR SMK Ma’arif NU Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017”.
Diharapkan hasil penelitian dapat memberikan masukan kepada kepala sekolah sebagai bahan acuan pengambilan kebijakan pemberian layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavioristik untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi, memberikan wawasan dan keterampilan kepada guru BK dalam penguasaan layanan bimbingan kelompok dan memberikan pemahaman peserta didik terhadap kemampuan bersosialisasi dan layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavioristik.
11135000870 | UMA u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain