Skripsi
PENGARUH MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP MINAT BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 WANASARI KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci : Media Sosial Facebook dan Minat Belajar
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pemanfaatan bentuk media social facebook pada peserta didik, Bagaimana tingkat minat belajar peserta didik?, Apakah ada pengaruh yang signifikan pemanfaatan media social facebook terhadap minat belajar pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017? Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan bentuk media social facebook pada peserta didik, untuk mengetahui tingkat minat belajar peserta didik, untuk mengetahui Apakah ada pengaruh yang signifikan pemanfaatan media social facebook terhadap minat belajar pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017.
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N 1 Wanasari Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 310 peserta didik. Sampel penelitian ini berjumlah 40 peserta didik yang diambil secara acak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposif sampling (pengambilan sampel berdasarkan tujuan). Sampel bertujuan bermaksudkan untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan yang hendak dicapai adalah mengidentifikasi peserta didik yang memiliki perubahan sikap beretika yang rendah untuk diberikan perlakuan bimbingan humanistik dan tujuannya untuk meningkatkan sikap keterbukaan. Penulis menggunakan test tertulis sebagai instrumen penelitian. Untuk mengetahui reliabilitas dan validitas, penulis menguji instrumen tersebut dengan memberikan test kepada 40 siswa yang mempunyai kemampuan yang sama dengan sampel.
Berdasarkan hasil analisis data di atas, diperoleh Hasil rhitung (korelasi rxy) sebesar 0.876 ternyata lebih besar dari rtabel dengan N = 40taraf signifikansi 5% diperoleh rtabel= 0,312 sehingga dengan demikian rhitung> r tabel (0,876> 0,312). Karena rhitung lebih besar dari nilai r tabel, maka berarti bahwa Hipotesis nihil (Ho) yang mengemukakan ‘Tidak Ada Pengaruh Media Sosial Facebook Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Wanasari Tahun Pelajaran 2016/2017”, ditolak. Hal ini berarti menerima hipotesis kerja (Ha) yang mengemukakan “Ada Pengaruh Media Sosial Facebook Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Wanasari Tahun Pelajaran 2016/2017”.
Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Media Sosial Facebook Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Wanasari Tahun Pelajaran 2016/2017. Saran bagi Kepala Sekolah media sosial facebook dalam kategori cukup, maka pelaksanaannya perlu ditingkatkan menjadi kategori tinggi.
11115001740 | HIM p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain