Skripsi
KONTRIBUSI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERPENDEKATAN BEHAVIORISTIK DALAM MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BALAPULANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata kunci :Bimbingan Kelompok, Perilaku Membolos
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang memiliki perilaku membolos seperti sengaja tidak masuk sekolah, tidak hadir atau absen, baik pada hari–hari tertentu seperti hari-hari pasar, atau pada hari–hari biasa, sering terlambat masuk kelas dan pulang sebelum waktunya serta membolos pada mata pelajaran tertentu.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perilaku membolos sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavioristik, dan untuk mengetahui ada tidaknya kontribusi layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavioristik dalam mengurangi perilaku membolos pada peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.
Pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen semu, desain penelitian one group pre-test and post-test. Adapun jumlah populasi sekaligus sampel sebanyak 24 peserta didik yang memiliki perilaku membolos tinggi. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase dan uji t-test.
Hasil Penelitian menunjukkan (1) tingkat perilaku membolos peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavioristik adalah dalam kategori tinggi (33%). (2) Tingkat perilaku membolos peserta didik setelah diberikan layanan bimbingan berpendekatan behavioristik menurun dalam kategori cukup (42%). Dan (3) Ada kontribusi layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavioristik dalam mengurangi perilaku membolos peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 terbukti dari hasil thitung sebesar 8,040. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan N-1 atau 24-1= 23 dimana ttabel= 2,069 ternyata thitung 8,040 > ttabel = 2,069.
Saran yang saya ajukan bagi sekolah diharapkan bimbingan kelompok berpendekatan behavioristik dapat dijadikan solusi dalam mengurangi perilaku membolos dan diharapkan dengan layanan ini peserta didik dapat menyadari bahwa perilaku yang dilakukan tidak baik sehingga dapat mengikuti pelajaran sebagaimana mestinya.
.
11135000880 | MAR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain