Skripsi
EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMK KI HAJAR DEWANTARA SONGGOM KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Studi PTBK Pada Peserta Didik Kelas X)
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok Teknik Behavior,Meningkatkan Motivasi Belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyak peserta didik yang kurang mampu dalam meningkatkan motivasi belajar. Dari pengamatan guru BK dan laporan atau catatan petugas piket bahwa masih terdapat peserta didik yang masih kurang dapat meningkatkan motivasi belajar.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik behavior pada peserta didik kelas X SMK Ki Hajar Dewantara Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017 (Studi PTBK Pada Peserta Didik Kelas X), 2) Untuk mengetahui meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik kelas X SMK Ki Hajar Dewantara Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017 (Studi PTBK Pada Peserta Didik Kelas X), dan 3) Untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik behavior dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X SMK Ki Hajar Dewantara Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017 (Studi PTBK Pada Peserta Didik Kelas X).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bahwa penelitian tindakan terdiri dari empat komponen pokok yang juga menunjukkan langkah, yaitu: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan atau tindakan (acting), (3) pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflection)dan terdapat 2 siklus yang ada yaitu siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Layanan bimbingan kelompok pada peserta didik diperoleh rata-rata 64% pada siklus I. Sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 90%, 2) Motivasi belajar peserta didik diperoleh rata-rata sebesar 52%, sedangkan pada siklus I sebesar 74%, dan pada siklus II sebesar 92% melebihi indikator ketercapaian motivasi belajar yang ditetapkan yaitu 80%, 3) ada efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik behavior dalam meningkatkan motivasi belajar Peserta Didik Kelas X SMK Kihajar Dewantara Songgom Brebes Tahun Palajaran 2016/2017, Hal ini terbukti pada peningkatan motivasi belajar dari data yang diperoleh dari pra siklus sebanyak 52%, siklus I sebesar 74%, dan siklus II 92%..
Guru pembimbing diharapkan dalam menyelenggarakan layanan bimbingan kelompok lebih ditingkatkan lagi agar peserta didik mampu meningkatkan motivasi belajar dan dapat berprestasi di sekolah.
11135000730 | AYU e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain