Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERPENDEKATAN BEHAVIORISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERADAPTASI DI SEKOLAH PADA PESERTA DIDIK KELAS X TSM DI SMK ISLAM TERPADU ROUDHOTUL MUBTADI’IN ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci: Pengaruh, Layanan Bimbingan Klompok Berpendekatan Behavioristik, Kemampuan Beradaptasi.
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan beberapa peserta didik yang perilakunya kurang sesuai, diantaranya sering menyendiri, tidak dapat mengikuti peraturan sekolah, berkelahi dengan teman satu sekolah, dan sejenisnya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) tingkat kemampuan beradaptasi sebelum diberi layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavioristik, 2) tingkat kemampuan beradaptasi setelah diberi layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavioristik, dan 3) ada tidaknya pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavioristik terhadap kemampuan beradaptasi di sekolah pada peserta didik kelas X SMK IT Roudhotul Mubtadi’in Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017.
Populasi penelitian 162 peserta didik dari 3 kelas X TSM. Sampel 20 peserta didik dari 3 kelas X TSM yang diindikasikan memiliki kemampuan beradaptasi rendah, dan teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dari Pearson dan uji reliabilias digunakan rumus belah dua dari Spearman Brown. Analisis data menggunakan deskriptif presentase dan statistik uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) tingkat kemampuan beradaptasi peserta didik sebelum diberi layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavioristik tergolong dalam kategori rendah yaitu 50%. 2) sedangkan tingkat kemampuan beradaptasi peserta didik setelah diberi layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavioristik mengalami peningkatan sebanyak 60% dengan kategori sangat tinggi. 3) Ada pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavioristik terhadap kemampuan beradaptasi peserta didik kelas X SMK IT Roudhotul Mubtadi’in Kab. Pemalang TP.2016/2017 terbukti dari hasil perhitungan diperoleh thitung=3,461 dan ttabel=2,093. Jadi thitung lebih besar dari ttabel (3,461 >2,093).
Saran penulis, guru pembimbing agar dapat menyikapi dalam menangani peserta didik yang kurang mampu dalam beradaptasi terutama di lingkungan sekolah dengan meningkatkan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok khususnya yang berkaitan dengan pendekatan behavioristik untuk meningkatkan kemampuan beradaptasi peserta didik.
11135000010 | AMA p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain