Skripsi
PERAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS PADA PESERTA DIDIK SMK MA’ARIF NU TALANG Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 ( Studi PTBK Pada Kelas X TKR 2)
Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Perilaku Membolos
Latar belakang masalah adalah, terdapat beberapa peserta didik yang memiliki perilaku membolos di kelas X TKR 2 sehingga perlu adanya tindakan. Dari sekian tindakan yang bisa dilakukan oleh Guru BK, salah satunya adalah melalui layanan bimbingan kelompok.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok terhadap peserta didik kelas X TKR 2, 2) Bentuk dan tingkatan perilaku membolos peserta didik X TKR 2 SMK Ma’arif NU Talang Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2016/2017. 3) Perubahan perilaku membolos setelah diberikan layanan bimbingan kelompok, dan 4) Peran tindakan bimbingan kelompok dan penanganan perilaku membolos pada peserta didik kelas X TKR 2. Populasi penelitian 35 peserta didik, sampel sebanyak 12 peserta didik. Data diperoleh dari rekapitulasi absen yang di dapat dari Guru BK, dan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini digunakan Analisis deskriptif komparatif, dengan membandingkan data prasiklus, Siklus I dan Siklus II.
Hasil penelitian menunjukan: 1) Pemberian layanan tindakan bimbingan kelompok yang dilakukan terhadap 12 peserta didik kelas X TKR 2 berjalan dengan lancar dengan penuh semangat dan antusias yang sehingga layanan bimbingan kelompok sangat efektif diterapkan, 2) Bentuk perilaku membolos pada kelas X TKR 2 meliputi: membolos pada saat jam pelajaran, menghabiskan waktu di kantin, memiliki motivasi belajar yang rendah dan memiliki kepercayaan diri yang rendah dan lain-lain, perilaku membolos dengan tingkat prosentase 75%, 3) Perilaku membolos pada prasiklus memiliki rata-rata (75%) kemudian pada Siklus I mengalami penurunan (40%) dan pada Siklus II menjadi (15%) sehingga perilaku membolos mengalami penurunan dengan perubahan pada kehadiran mengikuti jam pelajaran sampai selesai, 4) Layanan bimbingan kelompok berperan dalam mengurangi perilaku membolos dengan tingkat keberhasilan 55% sampai 82,5%.
Saran dari penulis diharapkan Guru BK lebih meningkatkan pengawasan terhadap peserta didik yang memiliki perilaku membolos.
11135000920 | SAR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain