Skripsi
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PADA OBJEK WISATA GUCI KABUPATEN TEGAL
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Objek Wisata Guci Kabupaten Tegal. Skripsi. Tegal : Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal. 2017.
Tujuan penelitian ini adalah Terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk secara bersama-sama terhadap kepuasan pengunjung pada Obyek Wisata Guci Kabupaten Tegal.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah Diduga terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk secara bersama-sama terhadap kepuasan pengunjung pada Obyek Wisata Guci Kabupaten Tegal.
Teknik Pengumpulan Data pada penelitian ini diperoleh dengan metode dokumentasi dan Metode Kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Analisis Korelasi Rank Spearman, Uji Signifikansi Koefisien Korelasi Rank Spearman, Analisis Korelasi Berganda, Uji Signifikansi Koefisien Korelasi Berganda, dan Analisis Koefisien Determinasi.
Hasil perhitungan korelasi rank spearman variabel kualitas pelayanan dengan kepuasan pengunjung diperoleh hasil berupa angka koefisien korelasi sebesar 0,561 yang artinya hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pengunjung tergolong cukup. Hasil perhitungan uji signifikansi koefisien korelasi diperoleh nilai Zhitung sebesar 5,47 yang ternyata Zhitung = 5,47 > Ztabel = 1,96 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pengunjung pada Obyek Wisata Guci Kabupaten Tegal. Hasil perhitungan korelasi rank spearman variabel kualitas produk dengan kepuasan pengunjung diperoleh hasil berupa angka koefisien korelasi sebesar 0,765 artinya hubungan antara kualitas produk dengan kepuasan pengunjung tergolong kuat. hasil perhitungan uji signifikansi koefisien korelasi diperoleh nilai Zhitung sebesar 7,45 yang ternyata Zhitung = 7,45 > Ztabel = 1,96 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas produk dengan kepuasan pengunjung. Hasil perhitungan korelasi berganda variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk secara bersama-sama dengan kepuasan pengunjung diperoleh hasil berupa angka koefisien korelasi (R) sebesar 0,781 artinya hubungan antara kualitas pelayanan dan kualitas produk secara bersama-sama dengan kepuasan pengunjung tergolong kuat hasil perhitungan uji signifikansi koefisien korelasi berganda di atas didapat Fhitung sebesar 72,70 yang ternyata harga Fhitung lebih besar dari Ftabel (72,70 > 3,09). Karena Fhitung > Ftabel artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayaan dan kualitas produk secara bersama-sama dengan kepuasan pengunjung pada Obyek Wisata Guci Kabupaten Tegal. Besarnya koefisien determinasi berdasarkan perhitungan diatas diperoleh nilai sebesar 0,610 berarti total variasi kepuasan pengunjung pada Obyek Wisata Guci Kabupaten Tegal yang dijelaskan model hubungan antara variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk adalah sebesar 61 % sedangkan 39 % dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dapat dijelaskan.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan Pengunjung
41135003040 | MUA a C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain