Skripsi
GAYA BAHASA PADA IKLAN PRODUK KRIM KECANTIKAN KULIT WAJAH WANITA DI TELEVISI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
Kata Kunci : gaya bahasa, iklan, implikasi
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud penggunaan gaya bahasa pada iklan produk krim kecantikan kulit wajah wanita di televisi. Peneliti tertarik meneliti gaya bahasa dalam iklan produk krim kecantikan kulit wajah wanita di televisi karena sebagai market leader sepanjang waktu, televisi mendapat perhatian lebih dari pengiklan, dari dalam maupun luar negeri untuk memasarkan produk krim kecantikannya. Persaingan iklan di televisi yang ketat, mendorong kreaativitas dan inovasi kata-kata yang disusun para pengiklan untuk menarik minat para penonton. Kreativitas dan inovasi kata-kata ini menarik perhatian peneliti untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan gaya bahasa dalm iklan produk krim perawatan kulit wajah wanita di televisi.
Subjek penelitian ini adalah 31 iklan produk krim kecantikan. Objek penelitian ini adalah wujud gaya bahasa yang terdapat dalam iklan produk krim kecantikan kulit wajah wanita yang diambil dari iklan di televisi. Data diperoleh memalui teknik rekam, simak dan catat. Instrument penelitian adalah human instrument dengan alat bantu berupa kartu data. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif menggunakan analisis konten. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis wacana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pemakaian gaya bahasa yang digunakan dalam iklan produk krim perawatan kulit wajah wanita di televisi meliputi gaya bahasa: a) hiperbola; b) personifikasi; c) simile; d) metonimia; e) sinekdoke totem pro parte; f) alusi; g) metafora; h) asosiasi; i) eponim; j) aliterasi; k) anafora; l) mesodiplosis; m) sarkasme; n) paradoks; o) antitesis; p) oksimoron; q) repetisis; dan r) paralelisme. Gaya bahasa yang paling banyak digunakan dalam penayangan iklan tersebut adalah gaya bahasa personifikasi. Gaya bahasa personifikasi menggambarkan benda mati seolah-olah memiliki sifat kemanusiaan seperti benda hidup. Gaya bahasa personifikasi digunakan dalam iklan untuk memberi kesan pada penonton seolah-olah penonton berhadapan langsung dengan seseorang yang memiliki kemampuan seperti yang diungkapkan dalam iklan tersebut. Penggunaan gaya bahasa personifikasi bermaksud menekankan atas produk yang ditawarkan sehingga memudahkan masyarakat mengingatnya hingga akhirnya membeli produk tersebut.
15135000110 | MEG g C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain