Skripsi
GAYA BAHASA PADA SLOGAN IKLAN MINUMAN KOPI DI TELEVISI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
Kata Kunci: Gaya bahasa, makna, slogan iklan, dan implikasi pembelajaran bahasa Indonesia.
Tujuan yang dilakukan penelitian ini yaitu mendeskripsikan gaya bahasa dan makna yang terdapat dalam slogan iklan minuman kopi di televisi dan mendeskripsikan implikasi pembelajaran gaya bahasa pada slogan iklan minuman kopi di SMA.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini pada slogan iklan minuman kopi. Sumber data pada penelitian ini berasal dari iklan minuman kopi di televisi dengan wujud data berupa kalimat slogan pada iklan dalam bentuk lisan oleh para bintang iklan minuman kopi di televisi. Penyediaan data pada penelitian ini menggunakan teknik simak dan catat. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data berupa metode padan ekstralingual, menganalisis bahasa yang menghubungkan masalah bahasa dengan hal yang berada di luar bahasa.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 30 data, penggunaan gaya bahasa pada iklan minuman kopi di televisi terdapat gaya bahasa yang digunakan yaitu: hiperbola, retoris, repetisi aliterasi, persamaan atau simile, sinekdoke, personifikasi, metafora. Gaya bahasa yang paling banyak digunakan pada slogan iklan minuman kopi di televisi adalah gaya bahasa hiperbola ada 10 data. Penggunaan jenis makna yang terdapat pada slogan iklan minuman kopi di televisi yaitu: Makna konotatif, denotatif, referensial, gramatikal, leksikal, kias. Makna yang paling banyak digunakan adalah makna denotatif ada 11 data. Hasil penelitian pada slogan iklan minuman kopi ini dapat dijadikan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas XII semester I kurikulum 2013 dengan materi pokok teks iklan.
Saran pada penelitian ini adalah bagi guru Bahasa Indonesia dapat menambah wawasan referensi bahan ajar bahan pengetahuan juga memberikan pengertian tentang penggunaan bahasa iklan yang baik. Bagi siswa, diharapkan menjadikan sumber pengetahuan gaya bahasa dan makna mengenai slogan iklan minuman kopi di televisi, dapat membantu mempermudah pemahaman dalam hal gaya bahasa dan makna iklan serta bagi peneliti lain untuk menambah ilmu bahan pertimbangan penelitian dari objek lain.
15135000460 | WAH g C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain