Skripsi
PENGGUNAAN PREPOSISI PADA TAJUK RENCANA SURAT KABAR SUARA MERDEKA EDISI DESEMBER 2016 DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
Kata Kunci : preposisi, tajuk rencana, pembelajaran.
Penelitian ini membahas tentang penggunaan preposisi pada tajuk rencana di harian Suara Merdeka edisi Desember 2016 dilihat berdasarkan jenis preposisi beserta penggunaannya dalam kalimat Tajuk Rencana. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Mendeskripsikan jenis preposisi pada tajuk rencana surat kabar harian Suara Merdeka, (2) Mendeskripsikan penggunaan preposisi berdasarkan jenisnya pada tajuk rencana di harian Suara Merdeka, (3) Mendeskripsikan implikasi hasil penelitian bagi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini diperoleh dari kolom tajuk rencana di harian Suara Merdeka dengan wujud data berupa kata dan kalimat. Pengumpulan datanya menggunakan metode simak dengan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat sebagai teknik lanjutan. Analisis data dilakukan dengan metode agih dengan teknik BUL dan teknik perluas. Teknik penyajian hasil analisis data dengan metode informal yakni menggunakan kata – kata biasa.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa jenis preposisi dalam Tajuk Rencana di harian Suara Merdeka edisi Desember 2016 mencakup lima submacam meliputi (1) preposisi tunggal berupa kata dasar, (2) preposisi tunggal berupa kata berafiks, (3) preposisi gabungan yang berdampingan, (4) preposisi gabungan yang berkorelasi dan (5) preposisi nomina lokatif. Dari kelima jenis tersebut, penggunaan preposisi yang paling mendominasi dalam Tajuk Rencana di harian Suara Merdeka edisi Desember 2016, yaitu preposisi tunggal berupa kata dasar sebanyak 115 kalimat (83%). Penggunaan jenis preposisi yang jarang digunakan dalam surat kabar Suara Merdeka edisi Desember 2016, yaitu preposisi gabungan yang berkorelasi sebanyak 2 kalimat (1%) yang ditunjukkan oleh kata “antara..dengan..”. Hasil penelitian berupa preposisi dikaitkan dengan materi pembelajaran kelas XII mengenai editorial pada KD. 3.1.1 Memahami struktur dan kaidah teks editorial/ opini, baik melalui lisan maupun tulisan.
Dari hasil penelitian ini, diharapkan dapat menambah wawasan terhadap pembaca untuk mengkaji preposisi, khususnya bagi guru bahasa Indonesia untuk senantiasa membimbing dan memberikan pemahaman tentang penggunaan kata atau kalimat yang berpreposisi secara cermat sesuai kaidah tata bahasa Indonesia.
15135000590 | ARF p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain