Skripsi
TELAAH BUKU “BAHASA INDONESIA EKSPRESI DIRI DAN AKADEMIK UNTUK SMA/MA/SMK/MAK KELAS X STANDAR ISI KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2014” TERBITAN KEMDIKBUD
Kata Kunci : telaah, keterbacaan, relevansi
Penelitian ini membahas telaah buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik untuk siswa SMA kelas X standar kurikulum 2013 edisi revisi 2014 terbitan kemdikbud. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis buku teks dari tingkat keterbacaan berdasarkan Formula Grafik Fry, penggunaan bahasa berdasarkan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dan relevansi materi pelajaran yang terdapat dalam buku teks dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar berdasarkan silabus kurikulum 2013.
Penelitian ini bersumber dari wacana nonfiksi yang terdapat pada buku teks Ekspresi Diri dan Akademik dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan ini diarahkan pada latar dan individu tersebut secara holistik (utuh). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik sadap dan teknik simak bebas cakap. Dalam penerapan metode ini dilakukan dengan pengumpulan, pemilihan dan penataan. Teknik analisis data menggunakan teknik padan. Penyajian hasil penelitian menggunakan metode formal.
Hasil analisis penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) tingkat keterbacaan dengan menggunakan metode Formula Grafik Fray pada wacana nonfiksi buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik tidak cocok untuk siswa SMA kelas X, 2) penggunaan bahasa pada buku teks siswa tersebut sudah sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), 3) materi pelajaran bahasa Indonesia pada buku teks relevan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar yang terdapat pada silabus kurikulum 2013.
Dari hasil penelitian ini dapat diharapkan dapat menambah wawasan dan memberikan gambaran kepada pembaca untuk menelaah buku teks siswa serta dapat memberikan manfaat positif bagi guru dan siswa dalam memilih buku teks.
15135000900 | TRI t C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain