Skripsi
SEMIOTIK PADA NOVEL DITEMPA SANG WAKTU KARYA KANG EEP DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
Kata Kunci: semiotik, novel, dan pembelajaran.
Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) tanda apa sajakah yang terdapat pada novel Ditempa Sang Waktu karya Kang Eep; 2) bagaimanakah implikasi pembelajaran aspek semiotik novel di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan semiotik dalam novel Ditempa Sang Waktu karya Kang Eep dan implikasinya sebagai pembelajaran sastra di SMA
Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Ditempa Sang Waktu karya Kang Eep. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif berdasarkan teori struktural sebagai rujukan untuk menganalisis struktur karya sastra, sedangkan semiotik digunakan sebagai konsep mengidentifikasi yang terdapat dalam novel. Teknik penyajian data dalam penelitian ini adalah informal.
Berdasarkan hasil penelitian terhadap novel Ditempa Sang Waktu Karya Kang Eep, terdapat dua aspek semiotik dengan keseluruhan data 33 data yang dapat dijabarkan dengan rincian sebagai berikut: (1) Semiotik dalam aspek indeks ada 3 kutipan; (2) Semiotik dalam aspek Simbol ada 21 kutipan dengan persentase. Implikasi hasil penelitian ini adalah pembelajaran sastra yang berkaitan dengan novel sesuai dengan standar kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) KTSP di SMA yang terdapat pada kelas XI smestr 1 dengan materi memahami berbagai hikayat, novel indonesia/novel terjemahan.
Saran pada penelitian ini adalah agar para guru bahasa Indonesia dapat memberikan pemahaman kepada siswa tentang sastra. Bagi siswa dapat menambah daya tariknya karya sastra dan menjadi pembelajaran efektif bahasa Indonesia khususnya membaca. Dengan demikian dari pembelajaran tersebut siswa secara tidak langsung telah belajar giat membaca dan memahami isi serta menghargai karya sendiri.
15145001000 | RIS s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain