Skripsi
PERANAN GURU PKn DALAM PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS IT (INFORMATION TECHNOLOGY) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMK NU 1 SLAWI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata kunci : Pembelajaran,media berbasis IT, motivasi belajar.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisa peranan guru PKn dalam media pembelajaran berbasis IT,(2) Untuk mengetahui motivasi belajar PKn siswa, dan terakhir (3) Untuk mengetahuidampak penggunaan media pembelajaranberbasis IT terhadap motivasi belajar PKn siswa.
Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X di SMK NU 1 Slawi tahun pelajaran 2016/2017yang berjumlah 394 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling.Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 10% dari populasi sehingga berjumlah 44 siswa.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana, uji hipotesis antara variabel X dan Y, uji determinasi dan uji t.
Hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi , sedangkan hasil perhitungan uji korelasi diperoleh rhitung = 0,611> rtabel = 0,297 dengan dan n =44. Maka dapat dikatakan terdapat hubungan antara peranan guru PKn dalam pembelajaran dengan menggunakan media berbasis IT terhadap motivasi belajar PKn. Selanjutnya untuk uji determinasi diketahui bahwa pembelajaran dengan menggunakan media berbasis IT memberikan kontribusi sebesar 37,33% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kemudian hasil perhitungan uji t diperoleh harga t hitung yang selanjutnya dibandingkan dengan harga t tabel. Untuk dan diperoleh harga t tabel = 2,042. Karena t hitung 5,65 lebih besar dari t tabel , maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antarapembelajaran dengan menggunakan media berbasis IT dengan motivasi belajar PKn.
Berdasarkan hasil perhitungan angket maka dapat disimpulkan bahwa (1) Peranan guru PKn dalam pembelajaran dengan menggunakan media berbasis IT kategori baik. Kemudian (2)Motivasi belajar PKn siswa juga masuk dalam kategori baik dan (3) Terdapat pengaruh antara penggunaan media pembelajaran IT dengan motivasi belajar mata pelajaran PKn. Saran (1) Bagi guru PKn agar menggunakan media pembelajaran berbasis IT sebagai alternatif dan suatu pembaharuan dalam proses pembelajaran PKn, (2) Bagi siswa untuk lebih meningkatkan motivasi belajar, (3) Bagi penelitian selanjutnya disarankan untuk meneliti lebih lanjut faktor lainnya.
12135000250 | LES p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain