Skripsi
IMPLEMENTASI MATA PELAJARAN PKN MATERI HAK DAN KEWAJIBAN WARGANEGARA DI LINGKUNGAN MASYARAKAT PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SEMESTER 2 DI SMA NEGERI 3 BREBES TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017
Kata Kunci : Hak dan Kewajiban, Pembelajaran, mata pelajaran PKn
PKn merupakan mata pelajaran yang bermuatan tentang nilai-nilai kemasyarakatan. PKn tidak hanya sampai pada penghafalan materi saja melainkan perilaku yang perlu diterapkan dalam masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Pemahaman tentang hak dan kewajiban arga Negara sebagai peserta didik sangat perlu diperhatikan agar membentuk kemasyarakatan yang arif. Jika pemahaman tentang hak dan kewajiban mereka rendah maka peserta didik tidak dapat mengimplementasikan dengan baik dalam lingkungan sekolah maupun msyarakat.
Penelitian ini mempunyai tujuan agar peserta didik mampu dalam mendeskripsikan peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam mengimplementasikan hak dan kewajiban warga Negara dalam kegiatan belajar di kelas, penerapan dalam kegiatan belajar serta faktor penghambat dalam mengimplementasikan hak dan kewajiban.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 3 Brebes. Sumber data yang dipergunakan menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentas dengan responden yaitu Kepala Sekolah, Guru PKn, peserta didik sebanyak 8 orang, Guru BK sebanyak 2 orang, Masyarakat sebanyak 5 orang. Pengecekan keabsahan data menggunakan metode trianggulasi dan sumber. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data serta Conclution Drawing/Verification.
Dalam hasil penelitian bahwa dalam kegiatan pembelajaran guru selalu mempersiapkan diri dengan membua silabus dant RPP. Peranan Pendidikan Kewarganegaraan untuk membentuk perilaku peserta didik untuk dapat mengimplementasikan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam mengimplementasikan hak dan kewajiban yaitu siswa dapat menanamkan nilai kedisiplinan, tanggung jawab, demokratis dan nasionalisme. Guru selalu menyisipkan nilai-nilai yang mencerminkan sikap adil dalam hak maupun kewajiban. Faktor penghambat dalam mengimplementasikan hak dan kewajiban yaitu factor jam pelajaran yang terbatas, tingkat kecerdasan yang berbeda, pergaulan peserta didik.
Rekomendasi yang dapat diberikan adalah agar peserta didik dapat menerapkan kewajiban-kewajiban mereka dimanapun berada. Guru agar dapat menggunakan waktu seoptimal mungkin.
12135000150 | SET i | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain