Skripsi
PERSEPSI PESERTA DIDIK DAN GURU PAMONG TERHADAP KOMPETENSI MENGAJAR MAHASISWA PPL UPS TEGAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMK SATYA PRAJA 2 PETARUKAN PEMALANG TAHUN 2016/2017
Kata Kunci : Kompetensi Mengajar, Praktik Pengalaman Lapangan
Penelitian ini dilatarbelakangi keraguan mahasiswa praktikan mengenai sejauhmana kemampuan mahasiswa praktikan pada saat melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan. Mahasiwa merasa ragu akan persepsi baik atau buruk yang akan diberikan peserta didik dan guru pamong mengenai kompetensi mengajar selama dua bulan melaksanakan PPL di SMK Satya Praja Petarukan Pemalang.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Bagaimana persepsi peserta didik dan guru pamong terhadap kemampuan mahasiswa PPL dalam penguasaan materi yang diajarkan ? (2) Bagaimana persepsi peserta didik dan guru pamong terhadap kemampuan mahasiswa PPL dalam menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan materi yang diajarkan ? (3) Bagaimana persepsi peserta didik dan guru pamong terhadap kemampuan mahasiswa dalam menguasai media pembelajaran ?
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Responden dalam penelitian ini sejumlah 12 responden yaitu 10 peserta didik kelas X, 1 guru pamong, 1 waka bidang kurikulum. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi, kursioner terbuka. Penelitian ini menggunakan keabsahan data/Trianggualasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Kompetensi profesional mahasiswa PPL dalam menguasai materi yang diajarkan menurut persepsi peserta didik dan guru pamong pada kriteria baik. (2) Kompetensi profesional mahasiswa PPL dalam penggunaan metode pembelajaran sesuai dengan materi yang diajarkan menurut persepsi peserta didik dan guru pamong pada kriteria baik. (3) Kompetensi profesional mahasiswa PPL dalam penggunaan media pembelajaran sesuai dengan materi yang diajarkan menurut persepsi peserta didik dan guru pamong pada kriteria baik.
Penelitian ini direkomendasikan bagi mahasiswa perlu meningkatkan diri untuk terus mengembangkan kemampuan profesioanal guru, bagi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan perlu meningkatkan kualitas lulusannya agar berkompeten.
12135000180 | RID p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain