Skripsi
PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS. NU 01 KRAMAT KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017
Kata Kunci : Kenakalan remaja.
Penelitian ini dilatarbelakangi karena maraknya kenakalan remaja yang dilakukan peserta didik, oleh karena itu pentingnya peran guru PKn dalam mengatasi kenakalan remaja pada peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam mengatasi kenakalan remaja.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi yang diolah dengan menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis induktif. Responden pada penelitian ini ada 5 yakni Kepala Sekolah, Guru PKn, 2 orang peserta didik, dan petugas kantin.
Hasil penelitian menunjukkan Guru PKn melakukan perannya dengan baik sebagai orangtua, pencari teladan, pengajar dan pendidik. Sehingga kenakalan remaja dapat diatasi oleh guru PKn. Adapun bentuk kenakalan yang dapat diatasi seperti kebut-kebutan dijalan, membolos, bergelandangan sepanjang jalan, atau bersembunyi ditempat-tempat terpencil, melakukan tindak kriminal anak remaja.
Hambatan guru pendidikan kewarganegaraan dalam mengatasi kenakalan pada peserta didik kelas VIII MTs NU 01 Kramat Kabupaten Tegal antara lain: keterbatasan alokasi waktu belajar, kurangnnya koordinasi antara wali kelas, kurangnya pengawasan dan perhatian dari orangtua siswa, serta pengaruh pergaulan siswa diluar lingkungan sekolah.
Rekomendasi pada penelitian ini yaitu Guru Pendidikan Kewarganegaraan harus lebih maksimal dalam memberikan bimbingan dan pembinaan tentang nilai, moral, norma-norma yang baik bagi seluruh peserta didiknya, memberikan perhatian kepada peserta didik yang berpotensi, dan menjalin kerjasama kepada seluruh pihak yang berkepentingan guna menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman untuk peserta didik.
12135000210 | ANG p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain