Skripsi
STUDI KOMPARATIF SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATAPELAJARAN IPS EKONOMI KELAS VIII DI MTS MA’ARIF NU 01 BREBES TAHUN AJARAN 2016/2017
Kata Kunci : Prestasi Belajar, IPS Ekonomi, Laki-Laki dan Perempuan.
Tujuan Mata pelajaran IPS Ekonomi ini adalah untuk membekali tamatan MTs dalam berbagai kompetensi dasar agar mereka menguasai dan mampu menerapkan konsep-konsep dasar,prinsip dan prosedur IPS Ekonomi yang benar. Baik untuk kepentingan melanjutkan pendidikan SMA ataupun untuk terjun ke masyarakat, sehingga memberikan manfaat bagi kehidupan siswa dari tujuan mata pelajaran IPS Ekonomi sangatlah penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan siswa laki-laki dan perempuan Terhadap Prestasi Belajar pada mata pelajaran IPS Ekonomi Kelas VIII di MTs Ma'arif NU 01 Brebes Tahun Ajaran 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester 1 MTs Ma’arif NU 01 Brebes Tahun Belajar 2016/2017 sebanyak 198 siswa yang terbagi dalam 6 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Dimana setiap kelas mempunyai kesempatan yang sama untuk di pilih sebagai sampel. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 50 siswa yaitu siswa laki-laki 25 anak dan siswa perempuan 25 anak diperoleh dari kelas VIII diambil secara acak. Sedangkan untuk teknik analisis data dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5%.
Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan antara siswa laki-laki dibandingkan dengan siswa perempuan terhadap Prestasi Belajar pada mata pelajaran IPS Ekonomi, karna dilihat dari t hitung lebih besar daripada t tabel. Dengan pencapaian rata-rata siswa laki-laki sebesar 7,60 sedangkan nilai rata-rata siswa perempuan sebesar 7,95. Maka dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa laki-laki dibandingkan dengan siswa perempuan ada perbedaan yang sagnifikan.
Saran dalam penilitian ini adalah diharapkan agar guru lebih giat lagi dalam proses pembelajaran MTs Ma’arif NU 01 Brebes, sehingga membuat siswa selalu aktif belajar dengan berbagai kegiatan untuk menguasai bahan pelajaran sepenuhnya, selain itu untuk mendorong sikap kesetiakawanan dan keterbukaan diantara siswa, sehingga sikap dan perilaku siswa berkembang ke arah demokratis dalam kelas dan lebih bersemangat. Sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar IPS Ekonomi.
13105000590 | PRI s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain