Skripsi
STUDI KORELASI KUALITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR ( PBM) MATA KULIAH PENGANTAR MANAJEMEN DENGAN KEPUASAN MAHASISWA SEMESTER II PROGDI PENDIDIKAN EKONOMI ( PE ) TAHUN AKADEMIK 2016/2017
Kata Kunci : Kualitas PBM, Kepuasan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara Kualitas Proses Belajar Mengajar Mata Kuliah Pengantar Manajemen Dengan Kepuasan Mahasiswa Semester II Progdi Pendidikan Ekonomi
Penelitian dilaksanakan pada Universitas Pancasakti Tegal. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif karena menggunakan angka-angka sebagai sumber pengolahan datanya ditunjang oleh studi kepustakaan sesuai dengan karakteristik yang diteliti dan data yang dikumpulkan
Populasi penelitian adalah Mahasiswa Semester II Progdi Pendidikan Ekonomi yang berjumlah 29 orang. Semuanya diambil sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel digunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dengan metode teknik angket (kuesioner), dan observasi. Instrumen penelitian berupa angket dalam bentuk pernyataan sebanyak 30 item yang telah diuji validitas dan reliabilitas Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi product moment.
Berdasarkan Analisis variabel kualitas proses belajar mengajar dengan kepuasan mahasiswa diperoleh hasil perhitungan korelasi product moment diperoleh nilai sebesar = 0,620. Nilai kemudian dikonsultasikan dengan nilai pada taraf signifikan 5%, dengan jumlah sampel N = 29 maka diperoleh = 0,376. Maka, jika yaitu 0,620 > 0,376 artinya terdapat hubungan antara kualitas proses belajar mengajar dengan kepuasan mahasiswa sehingga hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada mahasiswa dalam kegiatan proses belajar mengajar mahasiswa terlibat aktif serta mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya dan merasakan puas dengan hasil yang diperoleh selama belajar, pihak dosen disarankan untuk kualitas mengajar lebih ditingkatkan maka mahasiswa akan merasakan puas dalam kegiatan belajar dan hasil belajar yang diperoleh.
13135000200 | HID s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain