Skripsi
PERBANDINGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA ANTARA MAHASISWA KONSENTRASI STUDI AKUNTANSI DENGAN KOPERASI (Studi Kasus pada Mahasiswa Semester 6 Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Pancasakti Tegal)
Kata kunci : Motivasi Berwirausaha
Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan motivasi berwirausaha antara mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal pada konsentrasi studi akuntansi dengan konsentrasi studi koperasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 6 program studi pendidikan ekonomi FKIP Universitas Pancasakti Tegal sebanyak 55 mahasiswa yang terdiri dari 15 mahasiswa konsentrasi studi akuntansi dan 40 mahasiswa konsentrasi studi koperasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel proporsi. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 48 mahasiswa yang terdiri dari 13 mahasiswa konsentrasi studi akuntansi dan 35 mahasiswa konsentrasi studi koperasi dengan menggunakan penentuan jumlah sampel menurut Isaac dan Michael pada taraf kesalahan 5%. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t dua sampel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata motivasi berwirausaha mahasiswa konsentrasi studi akuntansi 40,62 dan rata-rata motivasi berwirausaha mahasiswa konsentrasi studi koperasi 36,89, sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi berwirausaha mahasiswa konsentrasi studi akuntansi lebih tinggi daripada mahasiswa konsentrasi studi koperasi, sedangkan hasil perhitungan uji-t diketahui bahwa thitung = 3,73 dan dikonsultasikan dengan ttabel dengan dk = n1+n2-2, diperoleh dk = 13+35-2=46. Dengan dk 46 dan taraf signifikan 5% sebesar = 2,013. Diketahui thitung > ttabel yaitu 3,73>2,013 sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini berarti terdapat perbandingan yang signifikan antara motivasi berwirausaha mahasiswa konsentrasi studi akuntansi dan koperasi.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada mahasiswa agar memiliki semangat dan ketertarikan yang kuat terhadap kewirausahaan, pihak dosen diharapkan utnuk meningkatkan kinerjanya dalam membimbing dan memotivasi mahasiswa.
13125000340 | RIS p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain