Skripsi
KEEFEKTIFAN MEDIA FILM DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 BALAPULANG TAHUN AJARAN 2016/2017
Kata Kunci : Media film, pembelajaran menulis puisi
Penelitian ini membahas tentang keefektifan media film dalam pembelajaran menulis puisi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan menulis puisi peserta didik yang mendapat perlakuan media film dan tanpa perlakuan media film pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Balapulang, mendeskripsikan perbedaan kemampuan menulis puisi kelompok yang mendapat perlakuan media film dan kelompok yang tidak mendapat perlakuan media film pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Balapulang, mendeskripsikan keefektifan media film dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Balapulang.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Balapulang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA 3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIA 4 sebagai kelompok kontrol. Data dalam penelitian ini adalah hasil tes menulis puisi. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t non-independen dan uji t independen.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis puisi peserta didik pada kelompok yang mendapat perlakuan media film dengan kelompok yang tidak mendapat perlakuan media film. Dalam perhitungan nilai pretest dan postest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan uji t non-independen diperoleh hasil thitung kelas eksperimen adalah 12,28 dan kelas kontrol adalah 6,45. Media film dalam pembelajaran menulis puisi lebih efektif. Hal ini dapat dibuktikan dari perhitungan dengan uji t independen hasil thitung adalah 3,20 > ttabel adalah 2,39.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti menyarankan kepada peserta didik untuk dapat meningkatkan kemampuan dalam menulis puisi dan mengikuti pembelajaran lebih baik. Kepada guru diharapkan dapat berinovasi dalam melaksanakan pembelajaran, sehingga proses pembelajaran akan lebih efektif.
15135001200 | INS k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain