Skripsi
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WANASARI KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata kunci: media video gambar, menulis puisi
Media Video Gambar merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran menulis, khususnya menulis puisi. Dengan menggunakan media video gambar diharapkan dapat merangsang dan memunculkan daya kreasi dan imajinasi siswa dalam membuat sebuah tulisan/karangan. Peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes mengalami masalah terhadap pembelajaran keterampilan menulis puisi sehingga perlu dicari solusinya. Adapun solusinya adalah media video gambar. Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui seberapa besar tingkat keefektifan Penggunaan Media Video Gambar dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017. Populasinya yaitu 80 peserta didik, pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini 25% dari populasi yang hasilnya berjumlah 20 peserta didik. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskripsi dan statistik Uji t Non Independen .
Hasil perhitungan kelas eksperimen menunjukkan jumlah nilai pre-test diperoleh sebesar 70 dengan nilai rata-rata 7 dan jumlah nilai pos-test sebesar 84 dengan nilai rata-rata 8,4, sedangkan pada kelas kontrol menunjukkan jumlah nilai pre-test sebesar 66 dengan nilai rata-rata 6,6 dan jumlah nilai pos-test sebesar 75 dengan nilai rata-rata 7,5. Sedangkan berdasarkan perhitungan t-test pada kelas eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 1,86. Nilai thitung kemudian dikonsultasikan dengan ttabel = 1,83 pada taraf signifikan 5% maka thitung > ttabel yaitu 1,86 > ttabel 1,83, artinya hipotesis kerja (Ha) diterima yang menyatakan “Penggunaan media video gambar efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017.”
Berdasarkan hasil simpulan, peneliti memberikan beberapa saran yang dapat dijadikan acuan diantaranya, Bagi sekolah hendaknya dapat mengembangkan teori khususnya tentang penggunaan media video gambar dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi pada peserta didik di SMP. Bagi guru Bahasa Sastra Indonesia hendaknya dapat memberikan variasi baru dalam pembelajaran di sekolah untuk dapat memberikan motivasi kepada siswa agar lebih aktif, tertarik dan semangat dalam mengikuti pembelajaran, sehingga akan lebih mudah dan bisa menerima setiap masukan dan saran dari orang lain terutama pada siswa yang mangalami kesulitan dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi.
15135000880 | NUR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain