Skripsi
PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA 3 – 5 TAHUN DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DESA BANJARTURI KECAMATAN WARUREJA KABUPATEN TEGAL
Kata Kunci : Pemerolehan bahasa anak,
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pemerolehan bahasa anak
usia 3 – 5 tahun di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Desa Banjarturi
Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal. (2) Mengetahui perkembangan bahasa
anak usia 3 – 5 tahun di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Desa Banjarturi
Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal. (3) Menjelaskan pemerolehan fonologi,
sintaksis, dan semantik anak Usia 3 – 5 tahun di Pendidikan Anak Usia Dini
(PAUD) Desa Banjarturi Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah anak usia 3-5 tahun di Pendidikan
Anak Usia Dini (PAUD) Desa Banjarturi Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal.
Wujud data penelitian ini berupa ujaran atau tuturan anak usia 3-5 tahun di
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Desa Banjarturi Kecamatan Warureja
Kabupaten Tegal. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah simak, catat dan rekam.
Hasil penelitian ini adalah pemerolehan bahasa anak usia 3 – 5 tahun di
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Desa Banjarturi Kecamatan Warureja
Kabupaten Tegal berdasarkan aspek fonologi, sintaksis dan semantik.
Pemerolehan Fonologi adalah pemerolehan yang berhubungan dengan
pemerolehan bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya. Pemerolehan Sintaksis
adalah pemerolehan bahasa yang mempelajari hubungan antara kata yang satu
dengan kata yang lain sehingga membentuk satuan yang lebih besar menjadi frasa,
klausa, dan kalimat. Pemerolehan Semantik adalah kemampuan dalam
mempelajari arti atau makna yang terkandung pada suatu bahasa. Berdasarkan
aspek Fonologi, anak usia 3 – 5 tahun tergolong sudah mampu untuk berujar,
namun mereka masih mengalami kesulitan dalam mengucapkan huruf-huruf
tertentu. Pada aspek sintaksis, anak mampu menggunakan dua kata dan bentuk-
bentuk kalimat yang mengandung unsur verba, nomina, dan adjektiva. Pada aspek
Semantik, anak-anak tergolong dapat memahami makna dan arti kata. Hal ini
dapat dilihat dari berjalan lancarnya proses tanya jawab yang dilakukan oleh
peneliti terhadap anak-anak.
15135000600 | UTA p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain