Skripsi
KEEFEKTIFAN COOPERATIVE LEARNING MODEL TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS FABEL PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 01 PULOSARI KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci: keefektifan, model Two Stay Two Stray, menulis teks fabel
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan keterampilanmenulis teks fabel antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran denganmenggunakan model Two Stay Two Stray (TSTS)dengan kelompok siswa yang tidakmengikuti pembelajaran dengan model Two Stay Two Stray (TSTS)dan untukmengetahui keefektifan penggunaan model Two Stay Two Stray (TSTS)dalampembelajaran menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 01 Pulosari.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitianeksperimen. Desain penelitian ini menggunakan rancangan pendekatan eksperimen yang menggunakan kelompok kontrol pretest-posttest. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebasberupa model Two Stay Two Stray (TSTS)dan variabel terikat berupa kemampuanmenulis teks fabel. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 01 Pulosari. Sample diambil dengan teknik cluster random sampling, kemudian ditetapkan kelas VII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII B sebagaikelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes,yaitu berupa tes menyusun teks cerita fabel. Validitas instrumen yang digunakanadalah validitas isi yang dikonsultasikan kepada guru matapelajaran BahasaIndonesia SMP Negeri 01 Pulosari. Analisis datadilakukan dengan menggunakan teknik statistik uji-t dengan taraf signifikasi 5%.Kesimpulan dari penelitian ini yang pertama yaitu terdapat perbedaanketerampilan menulis antara siswa kelas VII SMP Negeri 01 Pulosari yangmengikuti pembelajaran menulis teks fabel menggunakan model Two Stay Two Stray (TSTS)dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis teks ceritamoral/fabel tanpa menggunakan model Konvensional. Kedua,pembelajaran menulis teks fabel yang menggunakan Two Stay Two Stray (TSTS)lebihefektif dibandingkan pembelajaran menulis teks fabel tanpa menggunakan modelTwo Stay Two Stray (TSTS)di kelas VII SMP Negeri 01 Pulosari. Hal ini dibuktikandari hasil penghitungan uji-t data posttest kelompok eksperimen dan kelompokkontrol diperoleh nilai thitung sebesar sebesar 7,55 dengan df 5%diperoleh (7,55>1,68).
15135001010 | KHU k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain