Skripsi
IMPLIKATUR PERCAKAPAN DALAM ACARA TALK SHOW HITAM PUTIH TRANS 7 DAN IMPLIKASINYA BAGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
Kata Kunci : implikatur, jenis, dan implikasinya.
Penelitian ini mengkaji tentang implikatur percakapan dalam acara talk show Hitam Putih Trans 7 dan implikasinya bagi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian adalah 1) Mendeskripsikan jenis-jenis implikatur percakapan yang digunakan dalam acara talk show Hitam Putih Trans 7, 2) Mendeskripsikan pelanggaran terhadap prinsip-prinsip percakapan yang terdapat dalam acara talk show Hitam Putih Trans 7, dan 3) Mendeskripsikan implikasi hasil penelitian bagi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah tuturan pembawa acara dengan bintang tamu ataupun narasumber dalam acara talk show Hitam Putih Trans 7 dengan wujud data yang berupa penggalan-penggalan tuturan pembawa acara dengan bintang tamu ataupun narasumber dalam acara talk show Hitam Putih Trans 7. Teknik penyediaan data penelitian ini adalah teknik simak, rekam, dan catat. Teknik analisis data penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Penyajian hasil analisis data penelitian ini adalah teknik penyajian informal.
Berdasarkan penelitian tersebut diperoleh hasil data yang berjumlah 107 data meliputi, 1) Jenis implikatur percakapan sebanyak 73 data yang terdiri dari implikatur percakapan konvensional sebanyak 16 data, nonkonvensional sebanyak 24 data, praanggapan sebanyak 13 data, khusus sebanyak 7 data dan umum sebanyak 13 data, 2) Pelanggaran terhadap prinsip-prinsip percakapan sebanyak 34 data yang terdiri dari prinsip kerja sama sebanyak 18 data dan prinsip kesopanan sebanyak 16 data. Implikasi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA berkaitan dengan materi berita kelas XII semester ganjil.
Saran yang diharapkan yaitu bagi guru dan peserta didik di kalangan Sekolah Menengah Atas supaya memperhatikan bahasa yang digunakan atau bertutur kata dengan baik, sopan atau santun dalam berinteraksi sosial atau dalam berkomunikasi baik itu di sekolah ataupun dalam kehidupan sehari-hari. Bagi peneliti lain, penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk kajian lanjutan atau kajian baru mengenai implikatur percakapan pada objek kajian lain
15135000390 | KHO i C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain