Skripsi
SEMIOTIK PADA NOVEL BELENGGU KARYA ARMIJN PANE SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
Kata kunci : aspek semiotik, novel, pembelajaran sastra.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1). Bagaimana aspek semiotik yang terdapat dalam Novel Belenggu Karya Armijn Pane; 2). Bagaimana implikasi pembelajaran semiotik Novel Belenggu Karya Armijn Pane. Tujuan penelitian adalah untuk : 1). Mendeskripsikan aspek semiotik dalam Novel Belenggu Karya Armijn Pane; 2). Mendeskripsikan implikasi hasil penenlitian bagi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan semantik dan metode yang digunakan adalah analisis deskriptif, yaitu menganalisis data kemudian mendeskripsikannya secara verbal. Sumber data pada penelitian ini adalah Novel Belenggu Karya Armijn Pane terbitan tahun 2012, sedangkan wujud datanya berupa kutipan-kutipan kalimat yang mengandung aspek semiotik. Penyediaan data dalam penelitian ini menggunakan teknik baca dan catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik heuristik dan hermeneutik. Penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan penyajian analisis data secara informal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga aspek semiotik yang terdapat dalam novel yaitu indeks, simbol, dan ikon. Indeks meliputi (1) penggambaran tokoh; (2) penggambaran latar; dan (3) penggunaan gaya bahasa. Sedangkan ikon meliputi foto dan gambar. Simbol meliputi simbol tokoh, simbol dalam kedokteran serta simbol dalam pendidikan.
Berdasarkan hasil penelitian Novel Belenggu dapat di implikasikan pada pembelajaran sastra di SMA. Tetapi hendaknya perlu diperhatikan dalam memassukkan materi terhadap peserta didik terutama materi tentang sastra. Novel ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran sastra di SMA karena didalamnya terdapat nilai moral serta unsur intrinsik yang berhubungan dengan realitas sosial.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis sarankan agar guru memberikan kontribusi bagi ilmu pengetahuan dan ilmu pendidikan bahaasa Indonesia. Bagi siswa, penulis sarankan dapat mengambil pelajaran dari sisi dan dari isi keseluruhan novel yang berkaitan dengan aspek semiotik.
15135001100 | KHO s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain