Skripsi
PENGGUNAAN ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM FILM UPIK ABU DAN LAURA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
Kata Kunci : alih kode, campur kode, film, pembelajaran.
Penelitian ini membahas penggunaan alih kode dan campur kode pada film Upik Abu dan Laura serta Implikasinya bagi pembelajaran di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk: Mendeskripsikan penggunaan alih kode dan campur kode pada film Upik Abu dan Laura dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran di SMA.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian yang digunakan adalah tuturan pada film Upik Abu dan Laura. Wujud data penelitian ini berupa tuturan para tokoh dalam film Upik Abu dan Laura. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah simak dan catat. Analisis data dilakukan dengan metode padan adalah metode yang dipakai untuk mengkaji atau menentukan identitas satuan lingual penentu dengan memakai alat penentu yang berada di luar bahasa, terlepas dari bahasa, dan tidak menjadi bagian dari bahasa yang bersangkutan. Teknik penyajian hasil analisis data menggunakan metode penyajian informal yaitu menggunakan kata-kata biasa.
Hasil penelitian ini ditemukan wujud alih kode dan campur kode. Wujud alih kode alih kode tersebut yaitu berupa wujud alih kode intern sebanyak 1 data dan wujud alih kode ekstern sebanyak 75 data. Hasil analisis juga menunjukkan adanya wujud campur kode yang berupa, 1) penyisipan unsur-unsur yang berwujud kata sebanyak 3 data, 2) penyisipan unsur-unsur yang berwujud frase 24 data, 3) penyisipan unsur-unsur yang berwujud baster sebanyak 1 data, 4) penyisipan unsur-unsur yang berwujud perulangan kata sebanyak 2 data, 5) penyisipan unsur-unsur yang berwujud ungkapan atau idiom sebanyak 1 data dan 6) penyisipan unsur-unsur yang berwujud klausa sebanyak 2 data. Implikasi hasil penelitian pembelajaran bagi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA tertuang dalam RPP kelas X semester 2, Tema: Seni bernegosiasi dan Kewirausahaan, materi pokok: Teks negosiasi.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan dalam pembelajaran khususnya pembelajaran bahasa Indonesia agar guru dan siswa dapat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
15135000760 | AST p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain