Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE SUGESTI IMAJINASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DENGAN MEDIA LAGU TANAH AIRKU CIPTAAN IBU SUD BERBANTU MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS 11 SMA NEGERI 3 BREBES TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci : sugesti imajinasi, lagu, media gambar dan keefektifan metode.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode sugesti imajinasi dengan media lagu tanah airku berbantu media gambar dalam pembelajaran menulis cerpen di SMA Negeri 3 Brebes kelas XI.
Pelaksanaan penelitian ini menggunakan kurikulum 2013 dengan kompetensi dasar memproduksi teks cerita pendek, yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Brebes tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah 340. Pengambilan sampel menggunakan teknik acak atau sampel random ordinal dengan undian. Terpilih dua kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing 30 peserta didik.
Metode pengumpulan data yang digunakan hanya satu, yaitu tes menulis cerita pendek yang terdiri dari dua tes yaitu pre-test dan post-test. Hasil tulisan peserta didik diolah dengan tiga proses pengolahan data yaitu editing, encoding, dan tabulasi. Setelah melewati ketiga proses tersebut maka data dianalisis dengan uji t non-independen dan uji t independen.
Simpulan penelitian ini adalah: (1) Terdapat perbedaan kemampuan menulis cerpen yang signifikan antara peserta didik yang dalam proses pembelajaran menulis cerpen menggunakan metode sugesti imajinasi dengan media lagu tanah airku berbantu media gambar dan peserta didik yang dalam proses pembelajarannya tidak mendapatkan perlakuan. Pernyataan tersebut terbukti dari hasil perhitungan uji t independen nilai post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol, diperoleh thitung > ttabel (8,122 > 1,67) pada taraf signifikansi = 0,05 dan d.b/d.f = 58; (2) Penggunaan metode sugesti imajinasi dengan media lagu tanah airku berbantu media gambar dalam pembelajaran menulis cerpen pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Brebes lebih efektif. Pernyataan tersebut terbukti dari hasil perhitungan uji t non-independen hasil pre-test dan post-test satu kelas yang sama. Hasil dari perhitungan kelas eksperimen diperoleh hasil thitung > ttabel (11,304 > 1,70) dengan taraf signifikan 0,05 dan d.b/d.f sebesar 29 dan perhitungan kelas kontrol diperoleh hasil thitung > ttabel (7,528 > 1,70).
15135000790 | KHA k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain