Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE EVERYONE IS TEACHER HERE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017
Kata Kunci : metode everyone is teacher here, pembelajaran keterampilan berbicara
Penelitian ini membahas tentang keefektifan Metode Everyone Is Teacher Here Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan keterampilan berbicara peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Tegal antara yang diajar dengan menggunakan metode Everyone Is Teacher Here dan yang diajar dengan menggunakan metode konvensional (2) keefektifan penggunaan metode Everyone Is Teacher Here dalam pembelajaran keterampilan berbicara peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Tegal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment, yang terdiri dari dua variabel penelitian. Desain penelitian ini adalah pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Tegal yang berjumlah 40. Teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Kelas X 3 yang terdiri dari 20 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X 2 yang terdiri dari 20 peserta didik sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian diperoleh dari skor keterampilan berbicara peserta didik pada pre-test dan post-test. Teknik nalisis data menggunakan uji-t non-independen dan uji t independen.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan keterampilan berbicara peserta didik pada kelompok yang mendapat perlakuan metode Everyone Is Teacher Here dengan kelompok yang tidak mendapat perlakuan metode Everyone Is Teacher Here. Dalam perhitungan nilai pretest dan postest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan uji t non- independen diperoleh hasil thitung kelas eksperimen adalah 18,104 dan kelas kontrol adalah 4,735. metode Everyone Is Teacher Here dalam pembelajaran berbicara lebih efektif. Hal ini dapat dibuktikan dari perhitungan dengan uji t independen hasil thitung adalah 2,195 > ttabel adalah 1,67.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti menyarankan kepada peserta didik untuk dapat meningkatkan kemampuan keterampilan berbicara dan mengikuti pembelajaran lebih baik. Kepada guru diharapkan dapat berinovasi dalam melaksanakan pembelajaran, sehingga proses pembelajaran akan lebih efektif.
15135001260 | MUK k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain