Skripsi
HUBUNGAN PEMBERIAN LAYANAN INFORMASI KARIR SECARA KONTINU DENGAN TINGKAT KEJELASAN MENENTUKAN PILIHAN PENDIDIKAN LANJUTAN PESERTA DIDIK KELAS XI MAN KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci: Hubungan, pemberian layanan informasi karir secara kontinu, pilihan pendidikan lanjutan.
Layanan informasi merupakan salah satu jenis layanan dalam bimbingan dan konseling yang amat penting untuk membantu peserta didik agar dapat terhindar dari berbagai masalah yang dapat menggangu terhadap pencapaian perkembangan peserta didik, baik yang berhubungan dengan pribadi, sosial, belajar ataupun karirnya. Mereka sering mengalami kesulitan untuk mengambil keputusan dalam menentukan alternatif mana yang harus dipilih. Salah satunya adalah kesulitan dalam pengambilan keputusan yang berkenaan dengan rencana-rencana karir yang akan dipilihnya. Kesulitan-kesulitan untuk mengambil keputusan karir dapat dihindari ketika peserta didik memiliki sejumlah informasi yang memadai tentang hal-hal yang berhubungan dengan dunia karirnya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan layanan informasi karir secara kontinu, 2) Tingkat kejelasan menentukan pilihan pendidikan lanjutan, dan 3) Ada tidaknya hubungan yang signifikan antara pemberian layanan informasi karir secara kontinu dengan tingkat kejelasan menentukan pilihan pendidikan lanjutan peserta didik kelas XI MAN Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dengan cara pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 192 peserta didik, dengan sampel sebanyak 40 peserta didik. Dalam penelitian, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket, wawancara, dokumentasi dan observasi. Uji validitas digunakan rumus korelasi product moment dari Pearson sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus belah dua dari Spearman Brown kemudian dianalisis dengan deskriptif prosentase dan statistik korelasi product moment.
Hasil Penelitian menunujukan pemberian layanan informasi karir secara kontinu tergolong dalam kategori cukup tinggi (42,5%) pada interval skor 58-65 sebanyak 17 responden. Tingkat kejelasan menetukan pilihan pendidikan lanjutan tergolong dalam kategori cukup (35%) pada interval skor 65-68 sebanyak 14 responden. Perhitungan analisis diperoleh rxy = 0,679 dengan N 40 taraf signifikan 5% yaitu 0,312. Dari keterangan tersebut, maka diketahui nilai r hitung lebih besar dari r tabel yaitu 0,679 > 0,312, yang “Terdapat hubungan yang signifikan pemberian layanan informasi karir dengan tingkat kejelasan menentukan pilihan pendidikan lanjutan peserta ddik kelas XI MAN Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017”.
11135000960 | WIN h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain