Skripsi
KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERDISIPLIN WAKTU PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 KETANGGUGAN KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Modelling, Berdisiplin Waktu
Disiplin waktu merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap peserta didik agar dapat tercapai tujuan dalam waktu yang ditentukan. Akan tetapi pelanggaran terhadap peraturan yang berupa tata tertib sekolah masih sering ditemukan di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kemampuan berdisiplin waktu peserta didik sebelum layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling, 2) Kemampuan berdisiplin waktu peserta didik sesudah layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling, 3) Keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling terhadap peningkatan kemampuan berdisiplin waktu peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Ketanggugan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 186 peserta didik, dan sampel dalam penelitian adalah 28 peserta didik diambil 15%. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan rumus uji T-test.
Kemampuan berdisiplin waktu peserta didik sebelum layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling adalah dalam kriteria rendah sebanyak 10 peserta didik (35,8%). Sedangkan kemampuan berdisiplin waktu setelah layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling meningkat dalam kriteria tinggi sebanyak 13 peserta didik (46,4%)
Dari hasil perhitungan dengan analisis dari nilai uji t-test diperoleh hasil angka ketercapaian thitung sebesar 10,19. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttable pada taraf signifikan 5 % atau ( 5 %) dengan derajat kebebasan N-1 atau 28 – 1 = 27 dimana diperoleh ttable = 2,052 ternyata thitung = 10,19> ttabel = 2,052 yang berarti hipotesis alternatif berbunyi “Terdapat keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling terhadap peningkatan kemampuan berdisiplin waktu peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Ketanggugan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016” diterima
Adanya peningkatan tingkat kemampuan berdisiplin waktu hendaknya dapat digunakan sebagai acuan dalam mengatasi kedisiplinan dengan menggunakan metode dan media yang berbeda pada setiap perlakuan yang dilakukan agar peserta didik semakin antusias dalam mengikuti pelaksanan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling.
11155000940 | REJ k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain