Skripsi
KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI DENGAN TEKNIK MODELLING TERHADAP PENGENDALIAN PERILAKU EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS X SOS SMA NEGERI 1 BANTARBOLANG PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata kunci : Bimbingan Pribadi, Pengendalian Perilaku Emosional.
Perilaku emosi adalah suatu perasaan yang mendorong individu untuk merespon atau bertingkah laku terhadap stimulus, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar dirinya
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui tingkat pengendalian perilaku emosional sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan pribadi dengan teknik modeling pada peserta didik kelas X SOS SMA N 1 Bantarbolang Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017 dan untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan pribadi dengan teknik modeling pada peserta didik kelas X SOS SMA N 1 Bantarbolang Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen semu, desain penelitian one group pre-test and post-test, jumlah populasi sampel sebanyak 12 peserta didik yang memiliki pengendalian perilaku emosional rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan rumus uji t-test.
Hasil Penelitian menunjukan tingkat pengendalian perilaku emosional sebelum diberikan layanan bimbingan pribadi dengan teknik modeling adalah dalam kategori rendah dengan persentase ketercapaian 33,3%. Tingkat tingkat pengendalian perilaku emosional setelah diberikan layanan bimbingan pribadi dengan teknik modeling meningkat dalam kategori tinggi dengan persentase ketercapaian 50%. Ada keefektifan layanan bimbingan pribadi dengan teknik modiling terhadap pengendalian prilaku emosional peserta didik kelas X SOS SMA N 1 Bantarbolang Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017 terbukti dari hasil thitung sebesar 6,232. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan N-1 atau 12-1= 11 dimana ttabel= 2,201 ternyata thitung 6,232 > ttabel = 2,201, maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan pribadi dengan teknik modelling efektif terhadap pengendalian perilaku emosional peserta didik kelas X SOS SMA N 1 Bantarbolang Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017, dan dapat menjadikan evaluasi layanan bimbingan pribadi di sekolah dan lebih meningkatkan pelaksanaan yang maksimal dalam layanan bimbingan pribadi dengan teknik yang sesuai dengan masalah peserta didik, salah satunya dengan teknik modeling untuk meningkatkan pengendalian perilaku emosional.
11125001270 | ALI k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain