Skripsi
PENGARUH LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP PERILAKU AGRESIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMK SATYA PRAJA 1 PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci: Perilaku Agresif, Layanan Konseling Individu, Self Management
Layanan konseling individu dengan teknik self management merupakan layanan untuk membantu peserta didik agar dapat mengambil keputusan dalam menghadapi permasalahannya. Masalah yang muncul adalah bagaimanakah pengaruh layanan konseling individu dengan teknik self management terhadap perilaku agresif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perilaku agresif yang diberi layanan konseling individu dengan teknik self management dan tidak diberi layanan konseling individu dengan teknik self management, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan konseling individu dengan teknik self management terhadap perilaku agresif. Populasi penelitian berjumlah 188 peserta didik dan penempatan sampel dari populasi berjumlah 20 peserta didik dengan menggunakan teknik purposive random sampling.
Penelitian ini menggunakan alat pengumpul data berupa angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, angket diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas dengan rumus product moment dan spearman brown. Setelah dikonsultasikan dapat diketahui hasil dari 50 item yang diuji cobakan terdapat 48 item valid dan 2 item tidak valid. Dan hasil 0,862>0,361 dengan taraf signifikan 5% dengan N=20, jadi uji reliabilitas dikatakan reliabel.
Berdasarkan analisis deskriptif persentase hasil pre-test 55% (kriteria tinggi), (kriteria rendah) 15% dan hasil post-test 10% (kriteria rendah), 30% (kriteria tinggi). Hasil uji t (test) diperoleh thitung = 6,375, dan ttabel = 1,729, perolehan skor sebelumnya 2422 terjadi penurunan skor menjadi 2292. Jadi dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan hasil yang berarti ada pengaruh layanan konseling individu dengan teknik self management terhadap perilaku agresif peserta didik kelas XI SMK Satya Praja 1 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017.
Saran yang dapat dikemukakan dari simpulan adalah diharapkan bagi guru pembimbing dapat lebih memaksimalkan layanan konseling individu agar peserta didik yang memiliki permasalahan perilaku agresif dapat ditangani dengan baik.
11135000820 | PUR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain