Skripsi
UPAYA MENGURANGI KRISIS MORAL MELALUI LAYANAN KONSELING RELIGIUS BERPENDEKATAN BEHAVIORISTIK PADA PESERTA DIDIK KELAS IX MTS MUHAMMADIYAH WANASARI KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci : Layanan Konseling Religius Berpendekatan Behavioristik,
Krisis Moral
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya krisis moral pada peserta didik yang terjadi dalam dunia pendidikan. Artinya krisis moral yang sering terjadi kebanyakan dijumpai oleh sebagian besar peserta didik. Moral merupakan salah satu hal yang penting dan yang harus ada dalam diri masing-masing peserta didik.
Tujuan penelitian ini untuk mengethaui tingkat krisis moral pada peserta didik yang diberi layanan konseling religius berpendekatan behavioristik dan yang tidak diberi layanan konseling religius berpendekatan behavioristik, untuk mengetahui Apakah ada upaya layanan konseling religius berpendekatan behavioristik pada peserta didik kelas IX MTs. Muhammadiyah Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017.
Populasi penelitian 76 peserta didik menunjukan krisis moral, dengan sampel sebanyak 32 diambil menggunakan teknik purposive sampling , yang terdiri dari kelompok eksperimen 16 peserta didik dan kelompok kontrol sebanyak 16peserta didik, data dikumpulkan menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dan statistik Uji-t.
Hasil penelitian menunjukan 1) Tingkat krisis moral peserta didik yang diberi layanan konseling religius berpendekatan behavioristik mayoritas dalam kategori sangat rendah (37,5,%), 2) Tingkat krisis moral peserta didik yang tidak diberi layanan konseling religius berpendekatan behavioristik mayoritas dalam kategori sangat tinggi (31,3), 3) Ada upaya layanan konseling religius berpendekatan behavioristik pada peserta didik kelas IX MTs. Muhammadiyah Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017.
Disarankan Sekolah dapat lebih mendukung layanan konseling religius berpendekatan behavioristik secara rutin minimal seminggu dua atau tiga kali pada peserta didik khususnya dalam mengurangi krisis moral peserta didik.
11135000520 | AZQ u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain