Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI PERENCANAAN KARIR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KARIR PADA PESERTA DIDIK SMK SATYA PRAJA 2 PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Studi PTBK pada Peserta Didik Kelas XII TKR 5)
Kata Kunci :Layanan Bimbingan Karir, Motivasi Perencanaan Karir
Penelitian ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan dalam Bimbingan dan Konseling (PTBK) dengan populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XII TKR 5 dan sampel yang digunakan sebanyak 38 peserta didik, sedangkan alat pengumpulan data berupa angket, wawancara, dokumentasi, observasi, catatan anekdot, dokumentasi. Penelitian tindakan ini terdiri atas 4 (empat) komponen pokok yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan karir, 2) Untuk mengetahui motivasi perencanaan karir pada peserta didik dan 3) Untuk mengetahui ada tidaknya upaya peningkatan motivasi perencanaan karir pada peserta didik. Dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan karir peserta didik sangat semangat dan senang, ada keberanian untuk bertanya dan mengemukakan pendapat peserta didik. Indikator keberhasilan sesuai dengan kesepakatan guru BK sekolah dan dikatakan terentaskan masalahnya dengan nilai minimal 75%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan karir rata-rata 62,10 % pada siklus I dan pada siklus II diperoleh rata-rata 81,58%. Sehingga hipotesis tindakan kerja (Ha) “terdapat upaya meningkatkan motivasi perencanaan karir melalui layanan bimbingan karir pada peserta didik SMK Satya Praja 2 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017”. Hal ini terbukti dari tingkat motivasi perencanaan karir peserta didik siklus I sebanyak 16 peserta didik (67,75%) dapat tingkatkan pada siklus II menjadi sebanyak 35 peserta didik (85,05%) artinya melebihi indicator keberhasilan yang diharapkan yaitu 75%. Tingkat ketuntasan motivasi perencanaan karir peserta didik pada Siklus I dan Siklus II diperoleh selisih 17,30%.
Saran penulis diharapkan pihak sekolah dapat memberikan dukungan bagi program layanan bimbingan konseling yang terkait dengan upaya motivasi perencanaan karir, guru Bimbingan dan Konseling dapat membimbing peserta didik dalam memahami kondisi/potensi diri sendiri dan melakukan motivasi perencanaan karir demi masa depan peserta didik.
11145001230 | MAL u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain