Skripsi
PERANAN LAYANAN INFORMASI BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMINATAN STUDI LANJUT PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGRI 3 ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Studi PTBK Pada Kelas IX E)
Kata Kunci : Layanan Informasi Berbantuan Media Audio Visual, Peminatan
Studi Lanjut.
Layanan informasi berbantuan media audio visual merupakan sebuah
layanan yang berupaya memberikan bantuan kepada peserta didik agar mampu
menyusun rencana dan keputusan yang tepat dalam suasana kelompok, sehingga
nantinya dapat berguna untuk menunjang aktivitas dalam kehidupannya.
Penelitian ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan dalam Bimbingan
Konseling dengan populasi penelitian seluruh peserta didik kelas IX, dengan
sampel 36 peserta didik. Alat pengumpulan data berupa angket, wawancara,
observasi, catatan anekdot, dokumentasi. Penelitian tindakan ini terdiri dari empat
komponen pokok: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indikator
keberhasilan sesuai dengan kesepakatan peneliti dengan guru BK sekolah dan
dikatakan terentaskan masalahnya dengan nilai minimal 75%.
Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan layanan informasi berbantuan
media audio visual diperoleh rata-rata 63,15% pada siklus I. Sedangkan pada
siklus II diperoleh rata-rata 83,15%. Berdasarkan analisis deskriptif, diperoleh
tingkah laku peserta didik yang relevan dengan indikator peminatan studi lanjut
pada siklus I mencapai 66,50% dapat ditingkatkan menjadi 83,15% pada siklus II,
tingkat peminatan studi lanjut pada siklus I diperoleh peserta didik terentaskan 24
peserta didik (66,67%) dapat ditingkatkan pada siklus II yaitu tingkat peminatan
studi lanjut peserta didik terentasnya sebanyak 34 peserta didik (86,94%) melebihi
indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu 75%, sehingga layanan informasi
berbantuan media audio visual dikatakan telah berhasil dan penelitian dihentikan.
Dan hipotesis tindakan kerja (Ha) “terdapat peranan layanan informasi berbantuan
media audio visual terhadap peminatan studi lanjut di SMP 3 Ulujami Kabupaten
Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017” diterima. Hal ini terbukti dari tingkat
peminatan studi lanjut peserta didik yang terentaskan sebanyak 24 peserta didik
(66,67%) dapat tingkatkan pada siklus II menjadi 34 peserta didik yang
terentaskan 86,94% melebihi indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu 75%.
Tingkat keterentasan peminatan studi lanjut peserta didik siklus I dan siklus II
diperoleh selisih 14,24%.
Saran dari penulis diharapkan pihak sekolah dapat menjadikan bahan
evaluasi dan memasukan layanan informasi berbantuan media audio visual
selanjutnya dalam program Bimbingan dan Konseling.
11145001310 | TEN p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain