Skripsi
EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE PERMAINAN KAPAL KARAM UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ALTRUISTIK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NU 1 HASYIM ASY’ARI TARUB KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok dengan Metode Permainan Kapal Karam, Perilaku Altruistik Peserta Didik.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perilaku altruistik pada peserta didik kelas VIII SMP NU 1 Hasyim Asy’ari Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017, seperti: tidak memiliki inisiatif ketika melihat teman yang butuh pertolongan, rendahnya dorongan untuk berbagi dan bekerjasama, tidak mampu menunjukkan empatinya ketika teman dalam masalah, kurang peduli terhadap teman, cenderung egois, serta enggan memberikan bantuan berupa penjelasan ketika teman mengalami kesulitan dalam pelajaran tertentu.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perilaku altruistik peserta didik kelas VIII SMP NU 1 Hasyim Asy’ari Tarub Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2016/2017 sebelum dan sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan metode permainan kapal karam, serta untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan metode permainan kapal dalam meningkatkan perilaku altruistik peserta didik kelas VIII SMP NU 1 Hasyim Asy’ari Tarub Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Eksperimental menggunakan one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP NU 1 Hasyim Asy’ari Tarub Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 255 dengan sampel penelitian sebanyak 24 peserta didik. Data dikumpulkan menggunakan angket sebagai metode utama dan sebagai metode pelengkapnya adalah wawancara serta observasi. Untuk menguji validitas instrumen digunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas digunakan rumus Spearman Brown. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan rumus uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku altruistik peserta didik kelas VIII SMP NU 1 Hasyim Asy’ari Tarub Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2016/2017 sebelum dilaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan metode permainan kapal karam, skor persentase terbanyak terdapat pada kategori rendah yaitu sebanyak 33,3% atau 8 peserta didik, dan setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan metode permainan kapal karam, tingkat perilaku altruistik peserta didik meningkat menjadi pada kategori tinggi yaitu sebanyak 37,5% atau 9 peserta didik. Berdasarkan hasil uji t diperoleh t-hitung sebesar 7,916 dan setelah dikonsultasikan dengan harga ttabel pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (df) = N – 1 = 24 – 1 = 23 yaitu sebesar 2,069 maka (t-hitung) > ttabel yaitu 7,916 > 2,069 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “Layanan bimbingan kelompok dengan metode permainan kapal karam efektif untuk meningkatkan perilaku altruistik pada peserta didik kelas VIII SMP NU 1 Hasyim Asy’ari Tarub Tegal tahun pelajaran 2016/2017” diterima.
Disarankan untuk guru BK sebaiknya menggunakan berbagai metode dalam pelaksanaan layanan dan guru BK sebaiknya mengembangkan layanan Bimbingan Kelompok dengan metode yang bervariasi seperti menggabungkan layanan Bimbingan Kelompok dengan permainan.
11135000940 | SAF e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain