Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERPENDEKATAN BEHAVIOUR TERHADAP TINGKAT ASERTIVITAS PESERTA DIDIK KELAS X SMK DWP KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok Berpendekatan Behavior, Tingkat Asertivitas.
Tidak semua peserta didik memiliki perilaku asertif dengan baik, karena dilatarbelakangi kemampuan untuk jujur, terbuka dalam menyatakan kebutuhan, perasaan dan pikirannya secara apa adanya tanpa menyakiti perasaan orang lain masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Tingkat asertivitas yang diberi layanan bimbingan kelompok berpendekatan behaviour, 2) Tingkat asertivitas yang tidak diberi layanan bimbingan kelompok berpendekatan behaviour, dan 3) Ada tidaknya pengaruh layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavior terhadap tingkat asertivitas peserta didik kelas X SMK DWP Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.
Populasi penelitian berjumlah 52 peserta didik, pengambilan sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 26 peserta didik yang memiliki tingkat asertivitas rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan rumus uji t-test.
Tingkat asertivitas yang diberi layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavior pada peserta didik kelas X SMK DWP Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah dalam kriteria sangat tinggi dengan ketercapaian dari 13 peserta didik terdapat sebanyak 4 peserta didik (30,76%). Tingkat asertivitas yang tidak diberi layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavior pada peserta didik kelas X SMK DWP Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah dalam kriteria sangat rendah dengan ketercapaian dari 13 peserta didik terdapat sebanyak 6 peserta didik (46,15%). Berpijak pada hasil analisis statistik dari nilai thitung sebesar 4,28. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% atau (α 5%) dengan derajat kebebasan N - 1 atau 13 – 1 = 12 dimana diperoleh ttabel = 2,160 ternyata thitung > ttabel (4,28 > 2,160) yang berarti hipotesis nihil ditolak dan menerima hipotesis alternatif berbunyi “Ada pengaruh layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavior terhadap tingkat asertivitas peserta didik kelas X SMK DWP Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017”.
Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini berbunyi ada pengaruh layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavior terhadap tingkat asertivitas peserta didik kelas X SMK DWP Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017. Saran yang dapat penulis sampaikan diharapkan guru Bimbingan dan Konseling dapat lebih mengoptimalkan layanan bimbingan kelompok berpendekatan behaviour dalam membantu meningkatkan tingkat asertivitas peserta didik terutama dalam mengembangkan kemampuan peserta didik dalam bersosialisasi dengan sesama.
11135000060 | SAP p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain