Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENYESUAIAN DIRI POSITIF PESERTA DIDIK KELAS X SMK KI HAJAR DEWANTARA SONGGOM KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci: Pengaruh, bimbingan kelompok, dan penyesuaian diri positif.
Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyak peserta didik yang kurang mampu dalam mengemukakan pokok pikiran. Dari pengamatan guru BK dan laporan atau catatan petugas piket bahwa masih terdapat peserta didik yang masih kurang dapat mengemukakan pokok pikiran, sehingga mengakibatkan peserta didik kurang sempurna dalam memperoleh pengetahuan belajar.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) pelaksanaan layanan bimbingan kelompok pada peserta didik kelas X SMK Ki Hajar Dewantara Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017, 2) tingkat penyesuaian diri positif peserta didik kelas X SMK Ki Hajar Dewantara Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017, dan 3) seberapa besar pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap penyesuaian diri positif peserta didik kelas X SMK Ki Hajar Dewantara Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian populasi sebanyak 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas digunakan rumus korelasi product moment dari Pearson dan uji reliabilitas digunakan rumus rumus belah dua dari Spearman Brown. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dan statistik korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan bimbingan kelompok pada peserta didik tergolong dalam kategori tinggi, dibuktikan dari hasil analisis deskriptif variabel X, frekuensi tertinggi pada interval 83-88 sebanyak 8 respondendengan persentase 36,36% berada dalam kategori tinggi, 2) Penyesuaian diri positif peserta didik mayoritas tergolong dalam kategori sangat tinggi, dibuktikan dari hasil analisis deskriptif variabel Y, frekuensi tertinggi pada interval 86-90 sebanyak 9 responden dengan persentase sebesar 40,91% berada pada kategori sangat tinggi, 3) Ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap penyesuaian diri positif peserta didik kelas X SMK Ki Hajar Dewantara Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017, dapat terlihat dari hasil perhitungan analisis statistik korelasi diperoleh rxy= 0,521 lebih besar dari rtabel = 0,423. Jadi besarnya pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap penyesuaian diri yang positif sebesar r² x 100% = 27,14% sedangkan 72,86% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak penulis teliti.
Guru pembimbing diharapkan dalam menyelenggarakan layanan bimbingan kelompok lebih ditingkatkan lagi agar peserta didik mampu menyesuaikan diri secara positif. Diharapkan guru pembimbing dapat mempertahankan atau meningkatkan belajar peserta didik melalui program bimbingan kelompok yang diberikan oleh sekolah.
11135001080 | WUL p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain