Skripsi
PENERAPAN LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIS UNTUK MENGURANGI PERSEPSI NEGATIF TERHADAP PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 8 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci: Persepsi Negatif terhadap Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling, Layanan Informasi dengan Teknik Modeling Simbolis.
Persepsi negatif adalah persepsi atau pandangan terhadap suatu obyek dan menunjuk pada keadaan dimana subyek yang mempersepsi cenderung menolak obyek yang ditangkap karena tidak sesuai dengan pribadinya.. Maka latar belakang penelitian ini didasari pada peserta didik yang memiliki persepsi negatif terhadap pelaksanaan Bimbingan dan Konseling. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan layanan informasi dengan teknik modeling simbolis untuk mengurangi persepsi negatif terhadap pelaksanaan Bimbingan dan Konseling pada peserta didik kelas VIII SMP N 8 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian one group pre-test and post-test. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N 8 Kota Tegal yang berjumlah 157 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dimana sampel adalah peserta didik kelas VIII berjumlah 32 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas instrumen menggunakan rumus spearman-Brown. Sedangkan metode analsis data menggunakan analsis deskriptif presentase dan uji-t.
Hasil penelitian ini menunjukan gambaran peserta didik sebelum diberikan layanan informasi dengan teknik modeling simbolis memiliki presentase persepsi negatif terhadap pelaksanaan Bimbingan dan Konseling 31.2% (kategori tinggi). Setelah memperoleh layanan informasi dengan teknik modeling simbolis berkurang menjadi 28.1% (kategori rendah). Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh hasil nilai thitung sebesar 7.413, yang kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5 % sebesar 2.040, sehingga thitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan Ho “ditolak” dan Ha diterima.
Disarankan kepada peserta didik mampu memahami tujuan dan manfaat dari pelaksanaan Bimbingan dan Konseling serta tidak memiliki negatif terhadap pelaksanaan Bimbingan dan Konseling, pihak guru agar dapat menerapkan layanan informasi dengan teknik modeling simbolis untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi peserta didik mengenai persepsi negatif terhadap pelaksanaan Bimbingan dan Konseling. Selain itu, bagi sekolah untuk memfasilitasi guru pembimbing agar memperdalam dan mengembangkan layanan bimbingan dan konseling khususnya layanan informasi dengan teknik modeling simbolis.
11135000680 | SOF p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain