Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEDISIPLINAN MEMATUHI TATA TERTIB SEKOLAH PADA PESERTA DIDIK KELAS X AKUNTANSI SMK ISLAM TERPADU ROUDHOTUL MUBTADI’IN ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci : Bimbingan kelompok, kedisiplinan mematuhi tata tertib sekolah
Kedisiplinan mematuhi tata tertib sekolah sangat penting, karena mempunyai tujuan utama agar semua peserta didik mengetahui apa tugas, hak dan kewajiban serta melaksanakan dengan baik sehingga kegiatan sekolah dapat berjalan dengan lancar. Tata tertib sekolah harus ada sanksi atau hukuman bagi yang melanggarnya. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan mematuhi tata tertib sekolah pada peserta didik kelas X Akuntansi SMK Islam Terpadu Mubtadi’in. 2) pengaruh layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan mematuhi tata tertib sekolah pada peserta didik kelas X Akuntansi SMK Islam Terpadu Mubtadi’in.
Penelitian ini merupakan jenis eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest. Sebagai populasi 42 peserta didik, sampelnya berjumlah 16 peserta didik, dengan sampling teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi.
1) Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Ketercapaian tujuan penelitian kedisiplinan mematuhi tata tertib sekolah pada peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok, kategori sangat rendah sebanyak 2 peserta didik (12,5%), kategori rendah sebanyak 5 peserta didik (31,25%), sedang sebanyak 6 peserta didik (37,5%), kategori tinggi sebanyak 2 peserta didik (12,5%), dan kategori sangat tinggi sebanyak 1 peserta didik (6,25%) dan setelah diberikan bimbingan kelompok kategori sangat rendah sebanyak 3 peserta didik (18,75%), kategori rendah sebanyak 2 peserta didik (12,5%), sedang sebanyak 3 peserta didik (18,75%), kategori tinggi sebanyak 3 peserta didik (18,75%), dan kategori sangat tinggi sebanyak 5 peserta didik (31,25).
2) Hasil analisis statistik diperoleh dari nilai thitung sebesar 4,972. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel sebesar 2,132 ternyata thitung= 4,972 > ttabel=2,132 yang berarti hipotesis kerja yang menyatakan “Adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan mematuhi tata tertib sekolah pada peserta didik kelas X Akuntansi SMK Islam Terpadu Mubtadi’in Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017.
Saran yang saya ajukan adalah sekolah diharapkan mengembangkan pemberian layanan bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan mematuhi tata tertib sekolah pada peserta didiknya, dalam rangka untuk memecahkan masalah ketidakdisiplinan mematuhi tata tertib sekolah.
11135000470 | SAR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain