Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci: Pengaruh, Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama, Konsentrasi Belajar Bahasa Inggris
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya rasa tertarik peserta didik terhadap proses pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Inggris yang berpengaruh terhadap prestasi akademik yang jauh dari standarisasi nilai sekolah.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) konsentrasi belajar bahasa inggris sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama, 2) konsentrasi belajar bahasa Inggris setelah diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama. 3) ada tidaknya pengaruh layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama terhadap konsentrasi belajar bahasa Inggris peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016 / 2017.
Populasi penelitian128 pesertadidikdari 4 kelas VII.sampel 24 pesertadidik yang diindikasikan memiliki konsentrasi rendah dan teknik sampling yang digunakan ialah purposive sampling. Data dikumpulkan dengan teknik angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas dengan rumus KorelasiProduct Moment dan uji reliabilitasnya menggunakan rumus belah dua dariSpearman Brown. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik ujian alisis deskriptif persentase dan uji t-test.
Hasil penelitian menunjukkan : 1) tingkat konsentrasi belajar bahasa inggris peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama dalam kriteria rendah 29,17%, 2) tingkat konsentrasi belajar bahasa Inggris setelah diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama dalam kriteria tinggi 25%, 3) ada pengaruh yang signifikan dengan tingkat konsentrasi belajar bahasa inggris peserta didik SMP Negeri 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017. Ini terbukti dari hasil analisis menggunakan uji t-test diperoleh nilait_hitung = 3,689 yang kemudian dikonsultasikan dengan nilai t_tabel pada taraf signifikan 5% maka〖 t〗_tabel 1,319.
Saran penulis kepada peserta didik untuk berkonsultasi dengan guru BK jika memiliki masalah yang dapat menyebabkan konsentrasi belajar menjadi rendah.
ABSTRACT
11135001060 | MUJ p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain