Skripsi
PERAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK BERPENDEKATAN BEHAVIORISTIK TERHADAP KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DALAM MINAT BELAJAR RENDAH PESERTA DIDIK KELAS XI AP SMK N 1 DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci : Konformitas Teman Sebaya dalam Minat Belajar Rendah, Layanan Konseling Kelompok Berpendekatan Behavioristik.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh konformitas teman sebaya dalam minat belajar rendah peserta didik. Konformitas teman sebaya menjadi lebih dominan untuk menentukan sikap peserta didik di lingkungan teman sebaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran layanan konseling kelompok berpendakatan behavioristik terhadap konformitas teman sebaya dalam minat belajar rendah peserta didik kelas XI AP SMK N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan Posttest Only Control Group Design . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI AP yang berjumlah 96 peserta didik, secara purposive random sampling diambil sebanyak 24 peserta didik sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket sebagai metode utama kemudian didukung dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Angket yang digunakan diuji validitasnya dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment dan uji reabilitas dengan menggunakan rumus Spearmen Brown. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji t.
Hasil analisis deskriptif ditemukan bahwa tingkat konformitas teman sebaya dalam minat belajar rendah pada kelompok eksperimen memiliki persentase sebesar 33,3% dalam kriteria rendah. sedangkan konformitas teman sebaya dalam minat belajar rendah kelompok kontrol memiliki persentase sebesar 41,7% dalam kriteria tinggi. Berdasarkan hasil analisis uji t-test diperoleh hasil skor nilai thitung 3,767 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel 5% pada df 22 yaitu 2,074. Hasil menunjukan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (3,767 > 2,074) atau “Terdapat Peran Layanan Konseling Kelompok Berpendekatan Behavioristik Terhadap Konformitas Teman Sebaya dalam Minat Belajar Rendah Peserta Didik Kelas XI AP SMK N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017” diterima.
Disarankan kepada peserta didik untuk dapat mencermati konformitas teman sebaya agar tidak berdampak pada minat belajar, pihak guru untuk lebih memperhatikan peserta didik terutama permasalahan konformitas teman sebaya dalam minat belajar rendah dan pihak sekolah agar dapat memberikan kebijakan kepada guru bk dalam mempermudah pemberian bantuan terhadap peserta didik yang mengalami konformitas teman sebaya dalam minat belajar rendah.
11135001090 | HAN p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain