Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS X TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK NEGERI 1 SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama, Keterampilan Berkomunikasi.
Layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama merupakan layanan yang berfungsi sebagai layanan pencegah pada setiap permasalahan yang menganggu pikiran seperti keterampilan berkomunikasi peserta didik. Penelitian ini untuk mengetahui tingkat keterampilan berkomunikasi pada dua kelompok yang berbeda antara yang diberi dan yang tidak diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama, untuk mengetahui adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama serta pengaruhnya.
Populasi penelitian berjumlah 120 peserta didik, penetapan sampel secara purposive random sampling diperoleh sejumlah 30 peserta didik yang memiliki keterampilan berkomunikasi rendah. Teknik pengumpulan data dengan angket teknik utamanya, dan dilengkapai dengan observasi, interview, dan dokumentasi. Uji validitasnya menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitasnya menggunakan Spearman Brown. dilanjut uji data statistik deskriptif persentase dan uji hipotesis dengan t (t-test).
Hasil deskriptif pada kelompok kontrol dipersepsikan diperoleh skor rata-rata dalam rentang nilai 132-147 sebanyak 6 peserta didik (40%) dari jumlah populasi kriteria sangat rendah, sedangkan hasil treatment pada kelompok eksperimen hasil rata-rata dalam rentang nilai 182-197 sebanyak 6 peserta didik (40%) dari jumlah populasi dengan kriteria sangat tinggi ini berarti terdapat jumlah tingkatan keterampilan berkomunikasi kelompok eksperimen lebih tinggi. Uji hipotesis dengan rumus t-test diperoleh thitung sebesar 3,766, nilai tersebut dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 28 maka ditemukan ttabel = 2,048, sehingga thitung 3,766 > ttabel 2,048 yang berarti menerima hipotesis alternatif “terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap peningkatan keterampilan berkomunikasi peserta didik kelas X TKJ SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017” dan menolak hipotesis nihil.
Disarankan agar seluruh jajaran yang terkait dalam proses pendidikan di sekolah dapat meningkatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama, perlu dukungan yang kuat dari guru, peran serta dari seluruh pihak sekolah lainnya ikut merasa bertanggung jawab pada keterampilan peserta didik.
11135000080 | RAH p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain