Skripsi
PERAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERPENDEKATAN TRAIT AND FACTOR DALAM MENANGGULANGI TINGKAT KENAKALAN REMAJA PADA PESERTA DIDIK SMK PGRI 2 TAMAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (STUDI PTBK PADA KELAS XI)
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok Berpendekatan Trait and Factor,Kenakalan Remaja
Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui ada tidaknya hasil yang signifikan dari peran layanan bimbingan kelompok berpendekatan trait and factor dalam menanggulangi perilaku kenakalan remaja pada peserta didik kelas XI SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan menggunakan siklus I dan siklus II.
Penelitian tindakan ini dilakukan oleh guru BK dan peneliti sebagai pengamat dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok, data yang dikumpulkan untuk mendapatkan hasil menggunakan beberapa metode observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan catatan anekdot yang kemudian dianalisis dengan rumus deskriptif presentasedan product momen. Uji validitas instrumen dan uji reliabilitas pada uji coba try outpadatarafsignifikan 5% diperolehrtabelsebesar 0,361. Item yang dinyatakan valid apabilanilairhitung>rtabel.
Jumlah populasi 293 peserta didik kelas XI SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun pelajaran 2016/2017, adapun sampel yang diambil sebanyak 40 peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan peneliti dari jumlah populasi.Dengan menggunakan analisi presentase makaperilaku kenakalan remaja peserta didik,pada siklus I perolehan hasil aktifitas perilaku kenakalan remaja sebesar 63,50%, hasil pengamatan dari layanan bimbingan kelompok diperoleh sebesar 63,50% dan pada siklus II memperoleh hasil rata-rata sebesar 84,25. Pada siklus I memperoleh hasil sesuai dengan indikator perilaku kenakalan remaja sedangkan pada siklus II diperoleh hasil perilaku kenakalan remaja sebesar 82,25 sesuai dengan indikator, sehingga dapat dinyatakan bahwa peran layanan bimbingan kelompok berpendektan trait and factor dalam menanggulangi tingkat kenakalan remaja pada peserta didik kelas XI Tahun Pelajaran 2016/2017 berperan dalam menanggulangi tingkat kenakalan remaja dapat dikatakan bahwa pada siklus I diperoleh ketuntasan sebanyak 29 peserta didik dengan presentase72,50% sedangkan hasil yang diperoleh pada siklus II ketuntasan sebanyak 35 peserta didik dengan presentase 87,50.
Saran yang direkomendasikan adalah bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok berpendekatan trait and factor perlu dikembangkan lagi pada peserta didik kelas XI SMK PGRI 2 Taman Pemalang agar peserta didik mengetahui pentingnya mencegah perilaku kenakalan remaja yang dapat membawa peserta didik pada hal-hal yang negatif.
11135000760 | AMA p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain